PENGANTAR MPMBS
(MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU BERBASIS SEKOLAH )
A. Latar belakang MPMBS
Faktor pertama : kebijakan dan penyelenggara pendidikan
nasional menggunakan pendekatan education production function atau input-output
analysis yang tidak dilaksanakan secara konsekuen.
Faktor kedua : penyelenggara pendidikan nasional
dilakukan secara birokratik-sentralistik.
Faktor ketiga : Peranserta masyarakat, khususnya orang
tua siswa dalam menyelenggarakan pendidikan selama ini sangat minim.
B. Pengertian MPMBS
MPMBS dapat diartikan sebagai model
manajemen yang memberikan otonomi lebih besar kepada sekolah dan mendorong
mengambil keputusan partisipatif.
C. Tujuan MPMBS
Meningkatkan mutu pendidikan melalui peningkatan kemandirian,
fleksibilitas, partisipasi, keterbukaan, kerjasama, akuntabilitas,
sustainbilitas, dan inisiatif sekolah dalam mengelola, memanfaatkan dalam
memberdayakansumber daya yang tersedia.
D. Prinsip Dasar MPMBS
1. Kemandirian
2. Transparansi
3. Kerjasama dan
keputusan partisipatif
4. Akuntabilitas
public
5. Sustainabilitas
(berkelanjutan)
6. Orientasi pada
mutu pendidikan
E. Manfaat MPMBS
1. Memberi peluang
bagi seluruh anggota sekolah yang terlibat dalam pengambilan putusan penting.
2. Mendorong
munculnya kreativitas dalam pembelajaran.
3. Mengarahkan
kembali sumber dayayang tersedia untuk mendukung tujuan yang dikembangkan
disetiap sekolah
4. Menghasilkan
rencana anggaran yang lebih realistik
5. Meningkatkan
motovasi guru dan mengembangkan kepemimpinan baru disetiap level.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar