Jumat, 06 Oktober 2023


 

LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP

PENILAIAN OBSERVASI

 

Rubrik:                                        

Indikator sikap aktif dalam pembelajaran:

1.      Kurang baik jika menunjukkan sama sekali tidak ambil bagian dalam pembelajaran

2.      Cukup jika menunjukkan ada sedikit usaha ambil bagian dalam pembelajaran  tetapi belum ajeg/konsisten

3.      Baik jika menunjukkan sudah ada  usaha ambil bagian dalam pembelajaran  tetapi belum ajeg/konsisten

4.      Sangat baik jika menunjukkan sudah ambil bagian  dalam menyelesaikan tugas kelompok  secara terus menerus dan ajeg/konsisten

 

Indikator sikap bekerjasama dalam kegiatan kelompok.

1.      Kurang baik jika sama sekali tidak berusaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok.

2.      Cukup jika menunjukkan ada sedikit usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten.

3.      Baik jika menunjukkan sudah ada  usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten.

4.      Sangat baik jika menunjukkan adanya  usaha bekerjasama dalam kegiatan kelompok secara terus menerus dan ajeg/konsisten.

 

Indikator sikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.

1.      Kurang baik jika sama sekali tidak bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.

2.      Cukup  jika menunjukkan  ada sedikit usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masuih belum ajeg/konsisten

3.      Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masuih belum ajeg/konsisten.

4.      Sangat baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif secara terus menerus dan ajeg/konsisten.

 

Bubuhkan tanda √ pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.

No

Nama Siswa

Sikap

Tanggung Jawab

Jujur

Peduli

Kerjasama

Santun

Percaya diri

Disiplin

KR

CK

BA

SB

KR

CK

BA

SB

KR

CK

BA

SB

KR

CK

BA

SB

KR

CK

BA

SB

KR

CK

BA

SB

KR

CK

BA

SB

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

K  : Kurang          C: Cukup                B:    Baik            SB   : Baik Sekali

 

 

 

 

 

REKAPITULASI PENILAIAN SIKAP – OBSERVASI

 

NO

NAMA SISWA

SIKAP

Skor Rata-rata

Tanggung Jawab

Jujur

Pedul

Kerja Sama

Santun

Percaya Diri

Disiplin

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lembar Penilaian Sikap - Observasi pada Kegiatan Praktikum

 

Mata Pelajaran     : …………..

Kelas/Semester     : …………..

Topik/Subtopik    : …………..

Indikator              : Peserta didik menunjukkan perilaku ilmiah disiplin, tanggung jawab, jujur, teliti dalam melakukan percobaan ……………………………………..

 

No

Nama Siswa

Disiplin

Tanggung Jawab

Kerja sama

Teliti

Kreatif

Peduli Lingkungan

Keterangan

1

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

,,,,

 

 

 

 

 

 

 

 

Kolom Aspek perilaku diisi dengan angka yang sesuai dengan kriteria berikut.

4 = sangat baik

3 = baik

2 = cukup

1 = kurang

 

 

 

Lembar Penilaian Sikap - Observasi pada Kegiatan Diskusi

 

Mata Pelajaran     : …………..

Kelas/Semester     : …………..

Topik/Subtopik    : …………..

Indikator              : Peserta didik menunjukkan perilaku kerja sama, santun, toleran, responsif dan proaktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan.

 

No

Nama Siswa

Kerja sama

Rasa Ingin Tahu

Santun

Komunikatif

Keterangan

1

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

,,,,

 

 

 

 

 

 

Kolom Aspek perilaku diisi dengan angka yang sesuai dengan kriteria berikut.

4 = sangat baik

3 = baik

2 = cukup

1 = kurang

 

 

 

 

 

LEMBAR PENILAIAN SIKAP  - JURNAL

 

 

Nama Siswa    : ………………..

Kelas               : ………………

 

No.

Hari/Tanggal

Sikap/Perilaku

Keterangan

Positif

Negatif

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kesimpulan :

 

……………………………………………………………………………………………………………

 

 

 

LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN TERTULIS

(Bentuk Uraian)

Soal Tes Uraian

1.    .

2.    .

3.    .

4.    .

5.    .

 

 

 

Kunci Jawaban Soal Uraian dan Pedoman Penskoran

Alternatif jawaban

Penyelesaian

Skor

1

 

2

2

 

2

3

 

2

4

 

2

5

 

2

 

Jumlah

10

 

 

Nilai =

 

 

Penilaian Pengetahuan - Tes Tulis Uraian

Topik     :         ………………….

Indikator  :       …………………..

Soal        : ………………….

a.       ………………….

b.      ………………….

Jawaban   :

a.       …………………

  1. …………………

 

Pedoman Penskoran

No

Jawaban

Skor

a.

 

 

b.

 

 

Skor maksimal

 

 

 

 

LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN -TERTULIS

 (Pilihan Ganda)

 

Pilih Satu Jawaban yang paling tepat !

1.

a.

b.

c.

d.

e.

dst.

 

Kunci Jawaban Piliahan Ganda dan Pedoman Penskoran

Alternatif  Jawaban

Penyelesaian

Skor

1

 

1

2

 

1

3

 

1

4

 

1

....

 

1

20

 

1

 

Jumlah

20

 

Nilai =

 

 

Penilaian Pengetahuan - Tes Tulis Pilihan Ganda

Topik     :         ………………….

Indikator  :       …………………..

Soal        : ………………….

Jawaban   :

a.       …………………

  1. …………………
  2. …………………
  3. …………………
  4. …………………

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN (ANALISIS)- TES TERTULIS

 

NO

NAMA

PILIHAN GANDA

ESSAY

SKOR

NILAI

01

02

03

04

05

06

07

08

09

10

11

12

13

14

15

16

17

18

19

20

01

02

03

04

05

PG

E

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN

Observasi terhadap Diskusi Tanya Jawab dan Percakapan

 

KELAS : . ……………..

No

Nama Peserta Didik

Pernyataan

Pengungkapan

gagasan yang

orisinil

Kebenaran Konsep

Ketepatan penggunaan istilah

Dan lain sebaginya

Ya

Tidak

Ya

Tidak

Ya

Tidak

Ya

Tidak

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penilaian pengetahuan - Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan

 

Nama

Peserta

Didik

Pernyataan

Jumlah

Pengungkapan gagasan yang orisinil

Kebenaran konsep

Ketepatan penggunaan istilah

YA

TIDAK

YA

TIDAK

YA

TIDAK

YA

TIDAK

….

 

 

 

 

 

 

 

 

….

 

 

 

 

 

 

 

 

....

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN

PENILAIAN PENUGASAN

 

Penilaian Pengetahuan – Penugasan

Mengidentifikasi …………………….

Tugas       : Menyusun laporan hasil percobaan tentang cara kerja …………………….secara tertulis dengan berbagai media.

Indikator :  membuat laporan hasil percobaan cara kerja …………………….

 

Langkah Tugas :

1.      Lakukan observasi ke pasar atau tempat lainnya untuk mendapatkan informasi mengenai …………………….

2.      Datalah yang kamu dapatkan dalam bentuk tabel yang berisi ……………………., ……………………..

3.      Diskusikan hasil observasi yang kamu lakukan beersama teman-temanmu untuk menjawab pertanyaan berikut:

a.       Jenis …………………….apa yang paling banyak kamu temukan dipasaran?

b.      Bagaimana yang terjadi?

c.       Keuntungan apa yang diperoleh dalam kehidupan?

4.      Tuliskan hasil kegiatannmu dalam bentuk laporan dan dikumpulkan serta dipresentasikan pada kegiatan pembelajaran berikutnya

 

 

 

Rubrik Penilaian

No.

Kriteria

Kelompok

9

8

7

6

5

4

3

2

1

1

Kesesuaian dengan konsep dan prinsip bidang studi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

Ketepatan memilih bahan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

Kreativitas

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

Ketepatan waktu pengumpulan tugas

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

Kerapihan hasil

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jumlah skor

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan: 4 = sangat baik,            3 = baik,          2 = cukup baik,                        1 = kurang baik

NilaiPerolehan =

 

 

 

LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN - UNJUK KERJA

 

Pekerjaan :

·         ..............................................................................................................................................

·         ..............................................................................................................................................

·         ..............................................................................................................................................

·         ...............................................................................................................................................

 

Tabel : Rubrik Penilaian Unjuk Kerja

Tingkat

Kriteria

4

Jawaban menunjukkan penerapan konsep mendasar yang berhubungan dengan tugas ini. Ciri-ciri:

Semua jawaban benar, sesuai dengan prosedur operasi dan penerapan konsep yang berhubungan dengan tugas ini

3

Jawaban menunjukkan penerapan konsep mendasar yang berhubungan dengan tugas ini. Ciri-ciri:

Semua jawaban benar tetapi ada cara yang tidak sesuai atau ada satu jawaban salah. Sedikit kesalahan perhitungan dapat diterima

2

Jawaban menunjukkan keterbatasan atau kurang memahami masalah yang berhubungan dengan tugas ini.

Ciri-ciri:

Ada jawaban yang benar dan sesuai dengan prosedur, dan ada jawaban tidak sesuai dengan permasalahan yang ditanyakan.

1

Jawaban hanya menunjukkan sedikit atau sama sekali tidak ada pengetahuan bahasa Inggris yang berhubungan dengan masalah ini.

Ciri-ciri:

Semua jawaban salah, atau

Jawaban benar tetapi tidak diperoleh melalui prosedur yang benar.

0

Tidak ada jawaban atau lembar kerja kosong

 

 

 

LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN- UNJUK KERJA

 

KELAS : . …………..

 

No

Nama Siswa

Tingkat

Nilai

Ket.

4

3

2

1

1.       

 

 

 

 

 

 

2.       

 

 

 

 

 

 

3.       

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lembar Pengamatan

Penilaian Keterampilan - Unjuk Kerja/Kinerja/Praktik

Topik       :  ………………………..

KI             :  ………………………..

KD           :  ………………………..

Indikator  :  ………………………..

 

No

Nama

Persiapan Praktek

Pelaksanaan Praktek

Kegiatan Akhir Praktek

Jumlah Skor

1

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

….

 

 

 

 

 

….

 

 

 

 

 

 

No

Keterampilan yang dinilai

Skor

Rubrik

1

Persiapan Praktek (Menyiapkan alat Bahan)

30

-   Alat-alat tertata rapih sesuai dengan keperluannya

-   Bahan-bahan yang digunakan tersusun dengan benar dan tepat

-   Kerapihan dan pengunaan Bahan-bahan tersedia di tempat yang sudah ditentukan.

20

Ada 2 aspek yang tersedia

10

Ada 1 aspek yang tersedia

2

Pelaksanaan Percobaan

30

-   Menggunakan alat dengan tepat

-   Membuat barang yang diperlukan dengan tepat

-   Menuangkan / menambahkan bahan yang tepat

-   Mengamati hasil praktek dengan tepat

 

 

 

20

Ada 3 aspek yang tersedia

10

Ada 2 aspek yang tersedia

3

Kegiatan akhir praktikum

30

- Membuang barang tak terpakai atau sampah ketempatnya

- Membersihkan alat dengan baik

- Membersihkan meja

- Mengembalikan barang kelas ke tempat semula

20

Ada 3 aspek yang tersedia

10

Ada 2 aspek yang tersedia

 

 

 

 

 

 

LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN - PROYEK

 

Proyek :                     

·         ...............................................................................................................................................

·         ...............................................................................................................................................

·         ..............................................................................................................................................

·         ...............................................................................................................................................

 

Orientasi Masalah:

Bentuklah tim kelompokmu, kemudian pergilah ke ……………… yang ada di ……………..mu. Ambil bahan amatan …………….. yang digunakan untuk ……………….. terhadap ……………. ……………… antara …………… terhadap ………….yang berada di ………….., lakukan pengamatran berulang-ulang sehingga kamu menemukan …………….yang ……………… antara ……………. dengan …………… tersebut!

 

Langkah-langkah Pengerjaan:

1.    Kerjakan tugas ini secara kelompok. Anggota tiap kelompok paling banyak 4 orang.

2.    Selesaikan masalah terkait ……………

3.    Cari data …………… dengan ……………….. tersebut

4.    Bandingkan untuk mencari ………….. umum jumlah ……………………..pertahun

5.    Lakukan prediksi …………….. dengan ……………… tersebut

6.    Hasil pemecahan masalah dibuat  dalam laporan tertulis tentang kegiatan yang dilakukan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan pemecahan masalah, dan pelaporan hasil pemecahan masalah

7.    Laporan bagian perencanaan meliputi: (a) tujuan kegiatan, (b) persiapan/strategi untuk pemecahan masalah

8.    Laporan bagian pelaksanaan meliputi: (a) pengumpulan data, (b) proses pemecahan masalah, dan (c) penyajian data hasil

9.    Laporan bagian pelaporan hasil meliputi: (a) kesimpulan akhir, (b) pengembangan hasil pada masalah lain (jika memungkinkan)

10.     Laporan dikumpulkan paling lambat …………… minggu setelah tugas ini diberikan

 

 

 

Rubrik Penilaian Proyek:

Kriteria

Skor

·       Jawaban benar sesuai dengan kerangka berpikir ilmiah

·       Laporan memuat perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan

·       Bagian perencanaan memuat tujuan kegiatan yang jelas dan persiapan/strategi pemecahan masalah yang benar dan tepat

·       Bagian pelaksanaan memuat proses pengumpulan data yang baik, pemecahan masalah yang masuk akal (nalar) dan penyajian data berbasis bukti

·       Bagian pelaporan memuat kesimpulan akhir yang sesuai dengan data, terdapat pengembangan hasil pada masalah lain

·       Kerjasama kelompok sangat baik

4

·       Jawaban benar sesuai dengan kerangka berpikir ilmiah

·       Laporan memuat perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan

·       Bagian perencanaan memuat tujuan kegiatan yang jelas dan persiapan/strategi pemecahan masalah yang benar dan tepat

·       Bagian pelaksanaan memuat proses pengumpulan data yang baik, pemecahan masalah yang masuk akal (nalar) dan penyajian data berbasis bukti

·       Bagian pelaporan memuat kesimpulan akhir yang sesuai dengan data, tidak terdapat pengembangan hasil pada masalah lain

·       Kerjasama kelompok sangat baik

3

·       Jawaban benar tetapi kurang sesuai dengan kerangka berpikir ilmiah

·       Laporan memuat perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan

·       Bagian perencanaan memuat tujuan kegiatan yang kurang jelas dan persiapan/strategi pemecahan masalah yang kurang benar dan tepat

·       Bagian pelaksanaan memuat proses pengumpulan data yang kurang baik, pemecahan masalah yang kurang masuk akal (nalar) dan penyajian data kurang berbasis bukti

·       Bagian pelaporan memuat kesimpulan akhir yang kurang sesuai dengan data, tidak terdapat pengembangan hasil pada masalah lain

·       Kerjasama kelompok baik

2

·       Jawaban tidak benar

·       Laporan memuat perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan

·       Bagian perencanaan memuat tujuan kegiatan yang tidak jelas dan persiapan/strategi pemecahan masalah yang kurang benar dan tepat

·       Bagian pelaksanaan memuat proses pengumpulan data yang kurang baik, pemecahan masalah yang kurang masuk akal (nalar) dan penyajian data tidak berbasis bukti

·       Bagian pelaporan memuat kesimpulan akhir yang tidak sesuai dengan data, tidak terdapat pengembangan hasil pada masalah lain

·       Kerjasama kelompok kurang baik

1

Tidak melakukan tugas proyek

0

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penilaian Keterampilan – Proyek

Mata Pelajaran     :  ……………                                             Guru Pembimbing  : ……………

Nama Proyek       :  ……………                                             Nama                      : ……………

Alokasi Waktu     :  ……………                                             Kelas                      : ……………

 

No

Aspek

Skor

(1 – 5)

1

PERENCANAAN :

a. Rancangan Alat

- Alat dan bahan

- Gambar rancangan/desain

b. Uraian cara menggunakan alat dan prosedur pengunaan

 

2

PELAKSANAAN :

a. Keakuratan Sumber Data / Informasi

b. Kuantitas dan kualitas Sumber Data

c. Analisis Data

d. Penarikan Kesimpulan

 

3

LAPORAN PROYEK :

a. Sistematika Laporan

b. Performans

c. Presentasi

 

Total Skor

 

 

 

 

 

LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN

PENILAIAN PRODUK

 

Nama Produk                      :  ………………………………..

Nama Peserta Didik             :  ………………………………..

No

Aspek

Skor

1

Perencanaan Bahan

1

2

3

4

2

Proses Pembuatan

a.    Persiapan Alat dan Bahan

b.    Teknik Pengolahan

c.    K3 ( Keamanan, Keselamatan, dan Kebersihan)

d.    Mengunakan 3M (murah, Mudah, Modifikasi)

 

 

 

 

3

Hasil Produk

  1. Bentuk Fisik
  2. Bahan
  3. Warna
  4. .......

e.       ……..

 

 

 

 

Total Skor

 

 

 

 

 

Ø  Aspek yang dinilai disesuaikan dengan jenis produk yang dibuat

Ø  Skor diberikan tergantung dari ketepatan dan kelengkapan jawaban yang diberikan. Semakin lengkap dan tepat jawaban, semakin tinggi perolehan skor.

 

 


 

LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN

PENILAIAN PORTOFOLIO

Tugas

·         ...............................................................................................................................................

·         ...............................................................................................................................................

·         ..............................................................................................................................................

·         ...............................................................................................................................................

 

Rubrik Penilaian

Nama siswa         :    ………………….

Kelas                   :    ………………….

No

Kategori

Skor

Alasan

1

1. Apakah portofolio lengkap dan sesuai dengan rencana?

 

 

2

2. Apakah lembar isian dan lembar kuesioner yang dibuat sesuai?

 

 

3

3. Apakah terdapat uraian tentang prosedur pengukuran/pengamatan yang dilakukan?

 

 

4

Apakah isian hasil pengukuran/pengamatan dilakukan secara benar?

 

 

5.

Apakah data dan fakta yang disajikan akurat?

 

 

6.

Apakah interpretasi dan kesimpulan yang dibuat logis?

 

 

7.

Apakah tulisan dan diagram disajikan secara menarik?

 

 

8.

Apakah bahasa yang digunakan untuk menginterpretasikan lugas, sederhana, runtut dan sesuai dengan kaidah EYD?

 

 

Jumlah

 

 

Kriteria:                        5 = sangat baik,                        4 = baik,                      3 = cukup,                                                          2 = kurang, dan                                    1 = sangat kurang

 

 

 

Penilaian Keterampilan – Produk

Mata Pelajaran     :  ……………                                             Nama Peserta Didik  :    ……………

Nama Produk       :  ……………                                             Kelas                      : ……………

Alokasi Waktu     :  ……………                                            

 

No

Aspek

Skor

(1 – 5)

1

Tahap Perencanaan Bahan

 

2

Tahap Proses Pembuatan :

a. Persiapan alat dan bahan

b. Teknik Pengolahan

c. K3 (Keselamatan kerja, keamanan dan kebersihan)

 

3

Tahap Akhir (Hasil Produk)

a. Bentuk fisik

b. Inovasi(3 M)

 

Total Skor

 

 

 

 

 

Penilaian Keterampilan – Portofolio

Mata Pelajaran     : …………………………..

Kelas/Semester     : …………………………..

Peminatan            : …………………………..

Tahun Ajaran       : 2017/2018

Judul portofolio   : Pelaporan merancang /perakitan alat praktik dan Penyusunan laporan praktik

Tujuan                 : Peserta didik dapat merancang/merakit alat dan menyusun laporan praktik bidang studi sebagai tulisan ilmiah

Ruang lingkup      :

Karya portofolio yang dikumpulkan adalah laporan seluruh hasil rancangan/rakitan alat dan laporan praktikum bidang studi semester 1

 

Uraian tugas portofolio

1. Buatlah laporan kegiatan merancang/merakit alat, laporan praktikum bidang studi sebagai tulisan ilmiah

2. Setiap laporan dikumpulkan selambat-lambatnya seminggu setelah peserta didik melaksanakan tugas

 

Penilaian Portofolio Penyusunan Laporan Perancangan Percobaan dan Laporan Praktik

Mata Pelajaran                    :  …………………

Alokasi Waktu                   :

Sampel yang dikumpulkan   :  Laporan

Nama Peserta didik            :  …………………

Kelas                                  :  …………………

 

No

Indikator

Periode

Aspek yang dinilai

Catatan / Nilai

Kebenaran Konsep

Kelengkapan gagasan

Sistematika

Tata Bahasa

1

….

….

 

 

 

 

 

2

Menyusun laporan perancangan percobaan

 

 

 

 

 

 

3

Menyusun laporan praktik

 

 

 

 

 

 

4

….

….

 

 

 

 

 

 

 

 

Rubrik Penilaian portofolio Laporan Praktikum

No

Komponen

Skor

1

Kebenaran Konsep

Skor 25 jika seluruh konsep bidang studi pada laporan benar

Skor 15 jika sebagian konsep bidang studi pada laporan benar

Skor 5 jika semua konsep bidang studi pada laporan salah

2

Kelengkapan gagasan

Skor 25 jika kelengkapan gagasan sesuai konsep

Skor 15 jika kelengkapan gagasan kurang sesuai konsep

Skor 5 jika kelengkapan gagasan tidak sesuai konsep

3

Sistematika

Skor 25 jika sistematika laporan sesuai aturan yang disepakati

Skor 15 jika sistematika laporan kuang sesuai aturan yang disepakati

Skor 5 jika sistematika laporan tidak sesuai aturan yang disepakati

4

Tatabahasa

Skor 25 jika tatabahasa laporan sesuai aturan

Skor 15 jika tatabahasa laporan kuang sesuai aturan

Skor 5 jika tatabahasa laporan tidak sesuai aturan

Keterangan:

Skor maksimal = jumlah komponen yang dinilai x 25 = 4 x 25 = 100

Nilai portofolio = 𝑁𝑖𝑙𝑎𝑖=  x 4

 

 

 

 

 

 

 

Penilaian Keterampilan – Tertulis (menulis karangan, menulis laporan karya ilmiah.)

Penilaian Keterampilan – Tertulis (menulis karangan, menulis laporan dan menulis surat.)

 

JUDUL

 

……………………………………………………………………………………………………..

………………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………………

 

 

 

                                                                                                  

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar