LEMBAR
PENGAMATAN PENILAIAN
SIKAP
PENILAIAN
OBSERVASI
Rubrik:
Indikator sikap aktif dalam pembelajaran:
1. Kurang baik jika menunjukkan sama sekali tidak ambil bagian dalam pembelajaran
2. Cukup jika menunjukkan ada sedikit usaha ambil
bagian dalam pembelajaran tetapi belum
ajeg/konsisten
3. Baik jika menunjukkan sudah ada
usaha ambil bagian dalam pembelajaran
tetapi belum ajeg/konsisten
4. Sangat baik jika menunjukkan sudah ambil bagian
dalam menyelesaikan tugas kelompok
secara terus menerus dan ajeg/konsisten
Indikator sikap bekerjasama dalam kegiatan
kelompok.
1. Kurang baik jika sama sekali tidak berusaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
2. Cukup jika menunjukkan ada sedikit usaha untuk
bekerjasama dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten.
3. Baik jika menunjukkan sudah ada
usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum
ajeg/konsisten.
4. Sangat baik jika menunjukkan adanya
usaha bekerjasama dalam kegiatan kelompok secara terus menerus dan
ajeg/konsisten.
Indikator
sikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
1. Kurang baik jika sama sekali tidak bersikap toleran
terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
2. Cukup jika
menunjukkan ada sedikit usaha untuk
bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif
tetapi masuih belum ajeg/konsisten
3. Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk
bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif
tetapi masuih belum ajeg/konsisten.
4. Sangat
baik jika menunjukkan sudah ada
usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan
kreatif secara terus menerus dan ajeg/konsisten.
Bubuhkan tanda
√ pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No |
Nama Siswa |
Sikap |
|||||||||||||||||||||||||||
Tanggung Jawab |
Jujur |
Peduli |
Kerjasama |
Santun |
Percaya diri |
Disiplin |
|||||||||||||||||||||||
KR |
CK |
BA |
SB |
KR |
CK |
BA |
SB |
KR |
CK |
BA |
SB |
KR |
CK |
BA |
SB |
KR |
CK |
BA |
SB |
KR |
CK |
BA |
SB |
KR |
CK |
BA |
SB |
||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
K : Kurang C: Cukup B: Baik SB : Baik Sekali
REKAPITULASI PENILAIAN SIKAP – OBSERVASI
NO |
NAMA SISWA |
SIKAP |
Skor Rata-rata |
||||||
Tanggung Jawab |
Jujur |
Pedul |
Kerja Sama |
Santun |
Percaya Diri |
Disiplin |
|||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lembar Penilaian Sikap - Observasi pada Kegiatan
Praktikum |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Mata Pelajaran : ………….. Kelas/Semester : ………….. Topik/Subtopik : ………….. Indikator : Peserta didik menunjukkan perilaku ilmiah disiplin, tanggung
jawab, jujur, teliti dalam melakukan percobaan ……………………………………..
Kolom Aspek perilaku diisi dengan angka yang
sesuai dengan kriteria berikut. 4 = sangat baik 3 = baik 2
= cukup 1
= kurang |
Lembar Penilaian Sikap - Observasi pada Kegiatan
Diskusi |
||||||||||||||||||||||||||||
Mata Pelajaran : ………….. Kelas/Semester : ………….. Topik/Subtopik : ………….. Indikator : Peserta didik menunjukkan perilaku kerja sama, santun, toleran,
responsif dan proaktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan
masalah dan membuat keputusan.
Kolom Aspek perilaku diisi dengan angka yang
sesuai dengan kriteria berikut. 4 = sangat baik 3 = baik 2
= cukup 1
= kurang |
LEMBAR PENILAIAN SIKAP - JURNAL
Nama Siswa : ………………..
Kelas : ………………
No. |
Hari/Tanggal |
Sikap/Perilaku |
Keterangan |
|
Positif |
Negatif |
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kesimpulan :
……………………………………………………………………………………………………………
LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN
TERTULIS
(Bentuk Uraian)
Soal Tes Uraian
1.
.
2.
.
3.
.
4.
.
5.
.
Kunci Jawaban Soal Uraian dan Pedoman
Penskoran
Alternatif jawaban |
Penyelesaian |
Skor |
1 |
|
2 |
2 |
|
2 |
3 |
|
2 |
4 |
|
2 |
5 |
|
2 |
|
Jumlah |
10 |
Nilai =
Penilaian Pengetahuan - Tes
Tulis Uraian |
||||||||||||
Topik : …………………. Indikator : ………………….. Soal : …………………. a.
…………………. b.
…………………. Jawaban : a.
…………………
Pedoman Penskoran
|
LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN
-TERTULIS
(Pilihan Ganda)
Pilih Satu Jawaban
yang paling tepat !
1.
a.
b.
c.
d.
e.
dst.
Kunci Jawaban Piliahan Ganda dan
Pedoman Penskoran
Alternatif Jawaban |
Penyelesaian |
Skor |
1 |
|
1 |
2 |
|
1 |
3 |
|
1 |
4 |
|
1 |
.... |
|
1 |
20 |
|
1 |
|
Jumlah |
20 |
Nilai =
Penilaian Pengetahuan - Tes
Tulis Pilihan Ganda |
Topik : …………………. Indikator : ………………….. Soal : …………………. Jawaban : a.
…………………
|
LEMBAR
PENILAIAN PENGETAHUAN (ANALISIS)- TES TERTULIS
NO |
NAMA |
PILIHAN GANDA |
ESSAY |
SKOR |
NILAI |
||||||||||||||||||||||||
01 |
02 |
03 |
04 |
05 |
06 |
07 |
08 |
09 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
17 |
18 |
19 |
20 |
01 |
02 |
03 |
04 |
05 |
PG |
E |
|||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN
Observasi terhadap Diskusi Tanya
Jawab dan Percakapan
KELAS : . ……………..
No |
Nama Peserta Didik |
Pernyataan |
|||||||
Pengungkapan
gagasan
yang orisinil |
Kebenaran
Konsep |
Ketepatan
penggunaan istilah |
Dan
lain sebaginya |
||||||
Ya |
Tidak |
Ya |
Tidak |
Ya |
Tidak |
Ya |
Tidak |
||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Penilaian pengetahuan -
Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
LEMBAR
PENILAIAN PENGETAHUAN
PENILAIAN
PENUGASAN
Penilaian
Pengetahuan – Penugasan |
Mengidentifikasi
……………………. Tugas : Menyusun
laporan hasil percobaan tentang cara kerja …………………….secara tertulis dengan
berbagai media. Indikator : membuat
laporan hasil percobaan cara kerja ……………………. Langkah Tugas : 1.
Lakukan
observasi ke pasar atau tempat lainnya untuk mendapatkan informasi mengenai
……………………. 2.
Datalah
yang kamu dapatkan dalam bentuk tabel yang berisi ……………………., …………………….. 3.
Diskusikan
hasil observasi yang kamu lakukan beersama teman-temanmu untuk menjawab
pertanyaan berikut: a.
Jenis
…………………….apa yang paling banyak kamu temukan dipasaran? b.
Bagaimana
yang terjadi? c.
Keuntungan
apa yang diperoleh dalam kehidupan? 4.
Tuliskan
hasil kegiatannmu dalam bentuk laporan dan dikumpulkan serta dipresentasikan
pada kegiatan pembelajaran berikutnya |
Rubrik Penilaian
No. |
Kriteria |
Kelompok |
||||||||
9 |
8 |
7 |
6 |
5 |
4 |
3 |
2 |
1 |
||
1 |
Kesesuaian dengan
konsep dan prinsip bidang studi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
Ketepatan memilih bahan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
Kreativitas |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
Ketepatan waktu pengumpulan tugas |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
Kerapihan hasil |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan: 4 = sangat baik, 3 = baik, 2 = cukup baik, 1
= kurang baik
NilaiPerolehan =
LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN - UNJUK KERJA
Pekerjaan
:
·
..............................................................................................................................................
·
..............................................................................................................................................
·
..............................................................................................................................................
·
...............................................................................................................................................
Tabel : Rubrik
Penilaian Unjuk Kerja
Tingkat |
Kriteria |
4 |
Jawaban menunjukkan penerapan
konsep mendasar yang berhubungan dengan tugas ini. Ciri-ciri: Semua jawaban benar, sesuai dengan prosedur operasi dan penerapan konsep yang berhubungan dengan tugas
ini |
3 |
Jawaban menunjukkan penerapan
konsep mendasar yang berhubungan dengan tugas ini. Ciri-ciri: Semua jawaban benar tetapi ada cara
yang tidak sesuai atau ada satu jawaban salah. Sedikit kesalahan perhitungan dapat diterima |
2 |
Jawaban menunjukkan keterbatasan atau
kurang memahami masalah yang berhubungan dengan tugas ini. Ciri-ciri: Ada jawaban yang benar dan sesuai
dengan prosedur, dan ada jawaban tidak sesuai dengan permasalahan yang
ditanyakan. |
1 |
Jawaban hanya menunjukkan sedikit
atau sama sekali tidak ada pengetahuan bahasa
Inggris yang berhubungan dengan masalah ini. Ciri-ciri: Semua jawaban salah, atau Jawaban benar tetapi tidak diperoleh
melalui prosedur yang benar. |
0 |
Tidak ada jawaban atau lembar kerja
kosong |
LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN- UNJUK KERJA
KELAS : . …………..
No |
Nama Siswa |
Tingkat |
Nilai |
Ket. |
|||
4 |
3 |
2 |
1 |
||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
Lembar Pengamatan Penilaian Keterampilan - Unjuk
Kerja/Kinerja/Praktik |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Topik : ……………………….. KI : ……………………….. KD : ……………………….. Indikator : ………………………..
|
LEMBAR
PENILAIAN KETERAMPILAN - PROYEK
Proyek :
·
...............................................................................................................................................
·
...............................................................................................................................................
·
..............................................................................................................................................
·
...............................................................................................................................................
Orientasi Masalah:
Bentuklah tim kelompokmu, kemudian pergilah ke ………………
yang ada di ……………..mu. Ambil bahan amatan …………….. yang digunakan untuk ………………..
terhadap ……………. ……………… antara …………… terhadap ………….yang berada di …………..,
lakukan pengamatran berulang-ulang sehingga kamu menemukan …………….yang ………………
antara ……………. dengan …………… tersebut!
Langkah-langkah
Pengerjaan:
1. Kerjakan tugas ini
secara kelompok. Anggota tiap kelompok paling banyak 4 orang.
2. Selesaikan masalah
terkait ……………
3. Cari data …………… dengan
……………….. tersebut
4. Bandingkan untuk
mencari ………….. umum jumlah ……………………..pertahun
5. Lakukan prediksi
…………….. dengan ……………… tersebut
6. Hasil pemecahan
masalah dibuat dalam laporan tertulis
tentang kegiatan yang dilakukan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan
pemecahan masalah, dan pelaporan hasil pemecahan masalah
7. Laporan bagian
perencanaan meliputi: (a) tujuan kegiatan, (b) persiapan/strategi untuk
pemecahan masalah
8. Laporan bagian
pelaksanaan meliputi: (a) pengumpulan data, (b) proses pemecahan masalah, dan
(c) penyajian data hasil
9. Laporan bagian
pelaporan hasil meliputi: (a) kesimpulan akhir, (b) pengembangan hasil pada
masalah lain (jika memungkinkan)
10.
Laporan
dikumpulkan paling lambat …………… minggu setelah tugas ini diberikan
Rubrik Penilaian Proyek:
Kriteria |
Skor |
·
Jawaban benar sesuai dengan kerangka berpikir ilmiah ·
Laporan
memuat perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan ·
Bagian perencanaan memuat tujuan kegiatan yang jelas
dan persiapan/strategi pemecahan masalah yang benar dan tepat ·
Bagian
pelaksanaan memuat proses pengumpulan data yang baik, pemecahan masalah yang
masuk akal (nalar) dan penyajian data berbasis bukti ·
Bagian
pelaporan memuat kesimpulan akhir yang sesuai dengan data, terdapat pengembangan
hasil pada masalah lain ·
Kerjasama
kelompok sangat baik |
4 |
·
Jawaban benar sesuai dengan kerangka berpikir ilmiah ·
Laporan
memuat perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan ·
Bagian perencanaan memuat tujuan kegiatan yang jelas
dan persiapan/strategi pemecahan masalah yang benar dan tepat ·
Bagian
pelaksanaan memuat proses pengumpulan data yang baik, pemecahan masalah yang
masuk akal (nalar) dan penyajian data berbasis bukti ·
Bagian
pelaporan memuat kesimpulan akhir yang sesuai dengan data, tidak terdapat
pengembangan hasil pada masalah lain ·
Kerjasama
kelompok sangat baik |
3 |
·
Jawaban benar tetapi kurang sesuai dengan kerangka
berpikir ilmiah ·
Laporan
memuat perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan ·
Bagian perencanaan memuat tujuan kegiatan yang kurang
jelas dan persiapan/strategi pemecahan masalah yang kurang benar dan tepat ·
Bagian pelaksanaan memuat proses pengumpulan data yang
kurang baik, pemecahan masalah yang kurang masuk akal (nalar) dan penyajian
data kurang berbasis bukti ·
Bagian
pelaporan memuat kesimpulan akhir yang kurang sesuai dengan data, tidak
terdapat pengembangan hasil pada masalah lain ·
Kerjasama
kelompok baik |
2 |
·
Jawaban
tidak benar ·
Laporan
memuat perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan ·
Bagian perencanaan memuat tujuan kegiatan yang tidak
jelas dan persiapan/strategi pemecahan masalah yang kurang benar dan tepat ·
Bagian pelaksanaan memuat proses pengumpulan data yang
kurang baik, pemecahan masalah yang kurang masuk akal (nalar) dan penyajian
data tidak berbasis bukti ·
Bagian
pelaporan memuat kesimpulan akhir yang tidak sesuai dengan data, tidak
terdapat pengembangan hasil pada masalah lain ·
Kerjasama
kelompok kurang baik |
1 |
Tidak melakukan tugas proyek |
0 |
Penilaian
Keterampilan – Proyek |
|||||||||||||||
Mata Pelajaran : …………… Guru
Pembimbing : …………… Nama Proyek : …………… Nama : …………… Alokasi Waktu : …………… Kelas : ……………
|
LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN
PENILAIAN PRODUK
Nama
Produk : ………………………………..
Nama
Peserta Didik : ………………………………..
No |
Aspek |
Skor |
|||
1 |
Perencanaan Bahan |
1 |
2 |
3 |
4 |
2 |
Proses Pembuatan a.
Persiapan
Alat dan Bahan b.
Teknik
Pengolahan c.
K3
( Keamanan, Keselamatan, dan Kebersihan) d.
Mengunakan 3M (murah, Mudah, Modifikasi) |
|
|
|
|
3 |
Hasil Produk
e.
…….. |
|
|
|
|
Total
Skor |
|
|
|
|
|
Ø Aspek yang dinilai
disesuaikan dengan jenis produk yang dibuat
Ø Skor diberikan
tergantung dari ketepatan dan kelengkapan jawaban yang diberikan. Semakin
lengkap dan tepat jawaban, semakin tinggi perolehan skor.
LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN
PENILAIAN PORTOFOLIO
Tugas
·
...............................................................................................................................................
·
...............................................................................................................................................
·
..............................................................................................................................................
·
...............................................................................................................................................
Rubrik Penilaian
Nama siswa : ………………….
Kelas : ………………….
No |
Kategori |
Skor |
Alasan |
1 |
1. Apakah portofolio lengkap dan sesuai dengan rencana? |
|
|
2 |
2. Apakah lembar isian dan lembar kuesioner yang dibuat
sesuai? |
|
|
3 |
3. Apakah terdapat uraian tentang prosedur
pengukuran/pengamatan yang dilakukan? |
|
|
4 |
Apakah isian
hasil pengukuran/pengamatan dilakukan secara benar? |
|
|
5. |
Apakah data
dan fakta yang disajikan akurat? |
|
|
6. |
Apakah interpretasi dan kesimpulan yang dibuat logis? |
|
|
7. |
Apakah tulisan dan diagram disajikan secara menarik? |
|
|
8. |
Apakah bahasa yang digunakan untuk menginterpretasikan
lugas, sederhana, runtut dan sesuai dengan kaidah EYD? |
|
|
Jumlah |
|
|
Kriteria: 5 = sangat baik, 4
= baik, 3 = cukup, 2 = kurang, dan 1 = sangat
kurang
Penilaian
Keterampilan – Produk |
|||||||||||||||
Mata Pelajaran : …………… Nama
Peserta Didik : …………… Nama Produk : …………… Kelas : …………… Alokasi Waktu : ……………
|
Penilaian
Keterampilan – Portofolio |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Mata Pelajaran : ………………………….. Kelas/Semester : ………………………….. Peminatan : ………………………….. Tahun Ajaran : 2017/2018 Judul portofolio : Pelaporan
merancang /perakitan alat praktik dan Penyusunan laporan praktik Tujuan
: Peserta didik dapat merancang/merakit alat
dan menyusun laporan praktik bidang studi sebagai tulisan ilmiah Ruang
lingkup : Karya portofolio
yang dikumpulkan adalah laporan seluruh hasil rancangan/rakitan alat dan
laporan praktikum bidang studi semester 1 Uraian
tugas portofolio 1.
Buatlah laporan kegiatan
merancang/merakit alat, laporan praktikum bidang studi sebagai tulisan ilmiah 2.
Setiap laporan dikumpulkan
selambat-lambatnya seminggu setelah peserta didik melaksanakan tugas
|
Penilaian Keterampilan – Tertulis
(menulis karangan, menulis laporan karya ilmiah.)
Penilaian Keterampilan – Tertulis (menulis karangan,
menulis laporan dan menulis surat.) |
JUDUL …………………………………………………………………………………………………….. ……………………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………………………… |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar