Senin, 24 Agustus 2015

RPP 2( Meminta, Menawarkan dan Menolak Barang ) SMP/MTs Kelas VIII. Semester 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                         :  MTSN Bukit Raya Pekanbaru
Mata Pelajaran              : Bahasa Inggris
Kelas    / Semester        : VIII/1
Tema                              : Barang-barang di dalam kelas
Tahun Pelajaran             :2015/2016
Waktu                           : 2 x 40’ (2 kali pertemuan)

A.Standar Kompetensi :
Listening   :1.  Memahami   makna  dalam percakapan transaksional dan interpersonal
                        sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
 Speaking  :3.  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan
                        pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

B.Kompetensi Dasar 
Listening   :1.  Memahami   makna  dalam percakapan transaksional (to get things done)  dan
                        interpersonal (bersosialisasi)sederhana secara akurat,lancer dan berterima untuk
                        berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur : Meminta,
                        Memberi dan Menolak barang.

Speaking : 3.   Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things
                       done) dan  interpersonal (bersosialisasi) sederhana secara akurat, lancar, dan
                       berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak
                        tutur: Meminta dan Memberi dan Menolak Barang.

1. Tujuan Pembelajaran (Indikator)
Pada akhir pembeajaran siswa diharapkan :
- Merespon instruksi
- Merespon ugkapan dan melakukan pengulangan.
- Memberi instruksi.
- Menggunakan ungkapan meminta pengulangan .

Karakter siswa yang diharapkan :
1. Percaya diri (self- confident)
2. jujur (polite)
3. Bertanggung jawab ( responsibility )


 


2. Materi Pembelajaran
1.Expressions for Asking, Giving, and Rejecting Items
Asking items for someone
Giving items for someone
Rejecting items from someone.
Ø  Can I have….?
Ø  Can you give me….?
Ø  May I have…?

Ø  Here you are.
Ø  This is for you.
Ø  I’d like to give you.
Ø  Please accept………
Ø  No, thank you.
Ø  Not for me, thanks.
Ø  Not this time, thanks.


2.    Spelling and punctuation dengan latihannya.
3.    Dialog dan latihannya

3
. Metoda Pembelajaran
a.    Learning question
b.    Modelling
c.    Practice


4. Langkah-langkah kegiatan
    Pertemuan I

a. kegiatan awal (eksplorasi)
1.  Guru mengabsen siswa dan menanyakan kegiatan sebelumnya.
2. Guru memberikan materi Meminta dan Memberi barang dan memberikan contoh cara
    pengucapan yang baik kepada siswa.

b.Kegiatan inti (elaborasi)
1. Siswa diminta untuk membuat tabel barang yang mereka butuhkan setiap siswa minimal 5
    jenis barang yang mereka butuhkan untuk belajar bahasa inggris secara berpasangan (work in
    pair). Contohnya; Dictionary, Pencil, dll
2.Kemudian guru memberikan aba-aba kepada siswa untuk mendapatkan barang-barang yang
   mereka butuhkan dengan meminta atau meminjam kepada teman sebangku.
3.Siswa yang mendapatkan barang sesuai dengan perintah guru yang telah ditentukan mendapat
   nilai atau point.
4.siswa membuat dialog sesuai dengan barang yang ia butuhkan dengan cara meminta barang
   tersebut ( dengan menggunakan ungkapan yang sudah dipelajari sebelumnya ).
5.siswa diminta mampu mengungkapkan makna dan respon dari tidak tutur yang diajarkan :
   meminta, memberi dan menolak barang.




c.  kegiatan akhir (konfirmasi)
1. Siswa menyimpulkan pelajaran pada pertemuan hari ini.
2. Siswa  menggunakan tindak tutur meminta, memberi dan menolak barang dalam
   berkomunikasi dilingkungan sekitar.

Pertemuan II
a. kegiatan awal (eksplorasi)
1. Guru menyapa siswa dan menayakan tentang keadaan siswa pada hari itu.
2. Siswa diharapkan mengingat kembali instruksi dan respon yang berkaitan dengan tindak tutur
   : memberi, menerima dan menolak barang.
3. Guru mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan materi tindak tutur yang diajarkan.

b.Kegiatan inti (elaborasi)
1. Guru memberikan instruksi kepada siswa untuk membuat dialog singkat berdasarkan situasi
    yang disediakan.
2. Siswa membuat  dialog beserta respon yang sesuai dengan situasi.
3. Siswa mampu memahami dan mengungkapkan kembali instruksi serta respon yang telah
    dipelajari.

c.  kegiatan akhir (konfirmasi)
1.  Siswa diharapkan mampu menggunakan instruksi memberi,menerima dan menolak barang.
2. Guru mengulang kembali materi yang telah diajarkan, seperti tindak tutur : Memberi,
    Menerima dan Menolak barang.


5.Sumber dan Media Pembelajaran

a. sumber : Buku Electronic (EOS 2).
                  Http://www.erlangga.co.id
b. media   : Alat peraga ( media tulis karton ) / terlampir

I. Tugas Terstruktur
- Siswa membuat dialog sederhana dan mengungkap kan secara lisan/ oral. Berdasarkan barang –
  barang yang mereka peroleh dari guru.
- siswa mampu mengucapkan respon yang terkait dengan  tindak tutur ; meminta, member dan
  menolak barang didalam kelas sesuai dengan perintah guru.

6. Penilaian
 - Teknik          : Unjuk Kerja
 - Bentuk          : Melakukan percakapan.
 - Instrumen      : Melengkapi dialog.

a.penilaian
1. Skor benar x 100  =....
      jumlah soal



b. Rubrik penilaian
respon, tata bahasa benar, skornya                               = 3
respon, tata bahasa kurang tepat, skornya                     = 2
respon dan tata bahasa kurang tepat, skornya    = 1
Tidak menjawab, skornya                                             = 0


Mengetahui,                                                                                                      Pekanbaru,   juli 2015

Kepala Sekolah                                    Guru Pamong                          
            Guru PPL


MARZUKI M,Ag                                SAFRIDAH M,Pd                               LILY HAYATI
NIP.197004161998031007    
            NIP.197702162005012003                 NPM.126311288

RPP 1( Meminta dan Memberi jasa ) SMP/MTs Kelas VIII. Semester 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)

Sekolah                        :MTsN Bukit Raya  Pekanbaru
Mata Pelajaran             : Bahasa Inggris
Kelas/Semester            : VIII / 1
Tema                            : Daily Life
Tahun Pelajaran          :2015/2016
Waktu                         : 2 x 40’ (2 kali pertemuan)


A.Standar Kompetensi          :
Listening    : 1
. Memahami makna dalam percakapan transacsional dan interpersonal sangat
                         sederhana dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

Speaking     : 3. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan
                         pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

B.Kompetensi Dasar :
Listening     : 1
.1 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan
                       interpersonal (bersosialisasi) sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima
                       untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur
:
                       Meminta dan memberi jasa

speaking     : 3.1
Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things
                       done) dan  interpersonal (bersosialisasi) sederhana secara akurat, lancar, dan
                       berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak
                       tutur: Meminta dan Menolak Jasa.


1. Tujuan Pembelajaran (indicator)
    Pada akhir pembelajaran siswa diharapkan dapat:
 1.  Memahami ungkapan dan respon tindak tutur : Meminta dan Memberi jasa
       2.  Menjawab pertanyaan-pertanyaan singkat untuk merespon ungkapan-ungkapan : Meminta
      dan  memberi jasa
.
       3.  Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks percakapan transaksional dengan cara
      melengkapi dialog pendek.
 4.  Siswa mampu menggunakan ungkapan tindak tutur : meminta dan memberi jasa dalam
      berkomunikasi sesuai dengan kebutuhannya.

Karakter siswa yang diharapkan :   
- Dapat dipercaya ( trustworthines )
- Rasa hormat dan perhatian ( respect )
- Tekun ( diligence )
- Tanggung jawab ( responsibility )


2. Materi Pembelajaran
                    a.    Percakapan-percakapan singkat memuat ungkapan-ungkapan
berikut :
1. Meminta dan  memberi jasa
    A     : Can you help me to bring this box please?
    B      : O.K  
    A     : Thank you very much
    B      : Don’t mention it


 b. Kosa kata terkait materi
  Misalnya : modals (can, could, will, would, may)
Personal pronouns : I, you, we, they, he, she, it.
Ungkapan baku : here you are, here it is, thanks, sure, certainly, sorry, okey.

3. Metode Pembelajaran
Three phase technique
(Pre listening, While listening, and Post listening)

4. Langkah-langkah Kegiatan
    Pertemuan I    
a. Kegiatan Pendahuluan (eksplorasi)
1.    Tanya jawab berbagai hal tentang kondisi siswa
      2.    Memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang akan dipelajari
      3.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
   
 b. Kegiatan Inti (elaborasi)
1.    Guru memperdengarkan dialog pendek yang berisi ungkapan meminta dan memberi jasa.
2.    Membahas makna, bentuk dan fungsi masing-masing ungkapan dan responnya.
3.    Berlatih mengucapkan ungkapan-ungkapan tersebut secara berulang-ulang.
4.    Melakukan dialog meminta dan memberi jasa berdasarkan situasi yang diberikan.
5.    Merespon ungkapan meminta dan memberi jasa.

     c. Kegiatan Penutup (konfirmasi)
      1.    Menanyakan kesulitan siswa tentang materi yang sudah diajarkan
      2.    Menyimpulkan materi pembelajaran






Pertemuan II
a. Kegiatan Pendahuluan (eksplorasi)
1.    Tanya jawab berbagai hal tentang kondisi siswa
2.    Memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang akan dipelajari hari ini.
3.    Guru Memberikan motivasi dini, agar siswa beersemangat untuk mengikuti pelajaran.

b. Kegiatan Inti (elaborasi)
      1.   Siswa  mengungkapkan instruksi beserta respon dari ungkapan tindak tutur : Meminta
      dan Memberi jasa.
2.  Siswa  mengekspresikan ungkapan tindak tutur : meminta dan memberi jasa secara
           Lisan /oral secara berpasangan (work in pair).


c. Kegiatan Penutup (konfirmasi)
1. Siswa meenggunakan  instruksi dan responnya dilingkungan kelas.
2. Guru Memberikan kesimpulan berdasarkan topic yang dibicarakan pada hari ini.


5. Sumber dan Media Pembelajaran  
·     a. sumber : Buku Electronic (EOS 2).
                  Http://www.erlangga.co.id
b. media   : Alat peraga ( media tulis karton ) / terlampir


I. Tugas Terstruktur
Dialog 1
a. Situation: Sinta doesn’t go to school because she is sick. She is consulting a doctor about her sickness.

b. Kosa kata terkait materi
Misalnya               : modals (can, could, will, would, may)
Personal pronouns : I, you, we, they, he, she, it.
Ungkapan baku     : here you are, here it is, thanks, sure, certainly, sorry, okay.

Sinta :
Good morning, Sir.
Doctor : Good morning. What can I do for you?
Sinta : Yes, doctor. I couldn’t sleep well. Could you examine me?
Doctor :Yes certainly. Okay. Open your mouth! When did you feel that you have a problem with
             your sleeping?
Sinta : About two days ago, and then I also had a cough.
Doctor : Okay. Do you feel painful joints?
Sinta : Yes, but it sometimes happens.
Doctor : Err’… you just have a fever. Don’t worry.
Sinta : Thank goodness. Doc. May I go to join a test tomorrow?
Doctor : Why not? You are not seriously ill. Now take a rest and take a lot of nutritious meals and drinks. Don’t forget to drink these medicines after meals.
Sinta : Alright, Then It’s a relief to know that I’m not seriously sick. Thank you.
Doctor : You’re welcome. Get better soon.

II. Tugas Terstruktur
a. Listen to the expression and give your responses orally
      1.    Do you mind helping me to read this story book?
      2.    Can I help you to turn on this computer?
      3.    Can you lend me your dictionary, please?
      4.    Can I get some water for you?

6. Penilaian
  a. Teknik      : Teks lisan/performance
  b. Bentuk     : Terstuktur ( terlampir )
                         Tidak terstruktur :  Melakukan percakapan
  c. Instrumen : Daftar pertanyaan.

a
. Pedoman Penilaian
1.   Tiap jawaban benar skornya           = 25
2.   Jumlah skor maksimal                     = 25
3.   Nilai maksimal                                = 100

4.   Nilai siswa                                      =  skor perolehan    x  100
                                                                skor maksimal

b. Rubrik Penilaian
respon, tata bahasa benar, skornya                               = 3
respon, tata bahasa kurang tepat, skornya                     = 2
respon dan tata bahasa kurang tepat, skornya    = 1
Tidak menjawab, skornya                                             = 0

Mengetahui,                                                                                            Pekanbaru,     juli  2015

Kepala Sekolah                                    Guru Pamong                          
   Guru PPL


MARZUKI M,Ag                                SAFRIDAH M,Pd                  
   LILY HAYATI
NIP.197004161998031007    
            NIP.197702162005012003        NPM.126311288