RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
(RPP)
Sekolah :MTsN Bukit Raya Pekanbaru
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VIII / 1
Tema : Daily Life
Tahun Pelajaran :2015/2016
Waktu : 2 x 40’ (2 kali pertemuan)
Tema : Daily Life
Tahun Pelajaran :2015/2016
Waktu : 2 x 40’ (2 kali pertemuan)
A.Standar Kompetensi :
Listening : 1. Memahami makna dalam percakapan transacsional dan interpersonal sangat
sederhana dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
Speaking : 3. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan
pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
Listening : 1. Memahami makna dalam percakapan transacsional dan interpersonal sangat
sederhana dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
Speaking : 3. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan
pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
B.Kompetensi Dasar :
Listening : 1.1 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur :
Meminta dan memberi jasa
speaking : 3.1 Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things
Listening : 1.1 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur :
Meminta dan memberi jasa
speaking : 3.1 Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things
done) dan
interpersonal (bersosialisasi) sederhana secara akurat, lancar, dan
berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak
berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak
tutur: Meminta dan
Menolak Jasa.
1. Tujuan Pembelajaran (indicator)
Pada akhir pembelajaran siswa
diharapkan dapat:
1. Memahami ungkapan dan respon tindak tutur : Meminta dan Memberi jasa
1. Memahami ungkapan dan respon tindak tutur : Meminta dan Memberi jasa
2. Menjawab
pertanyaan-pertanyaan singkat untuk merespon ungkapan-ungkapan : Meminta
dan memberi jasa.
dan memberi jasa.
3. Mengidentifikasi berbagai
informasi dalam teks percakapan transaksional dengan cara
melengkapi dialog pendek.
4. Siswa mampu menggunakan ungkapan tindak tutur : meminta dan memberi jasa dalam
berkomunikasi sesuai dengan kebutuhannya.
melengkapi dialog pendek.
4. Siswa mampu menggunakan ungkapan tindak tutur : meminta dan memberi jasa dalam
berkomunikasi sesuai dengan kebutuhannya.
Karakter siswa yang diharapkan :
- Dapat dipercaya (
trustworthines )
-
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
- Tekun ( diligence )
- Tanggung jawab ( responsibility
)
2. Materi Pembelajaran
a. Percakapan-percakapan
singkat memuat ungkapan-ungkapan
berikut :
1. Meminta dan memberi jasa
A : Can you help me to bring
this box please?
B : O.K
A : Thank you very much
B : Don’t mention it
b. Kosa kata
terkait materi
Misalnya
: modals (can, could, will, would, may)
Personal pronouns : I, you, we, they,
he, she, it.
Ungkapan baku : here you are, here it
is, thanks, sure, certainly, sorry, okey.
3. Metode
Pembelajaran
Three phase technique
(Pre listening, While listening, and Post listening)
4. Langkah-langkah
Kegiatan
Pertemuan I
a. Kegiatan Pendahuluan (eksplorasi)
a. Kegiatan Pendahuluan (eksplorasi)
1.
Tanya jawab berbagai hal tentang kondisi siswa
2. Memberikan pertanyaan yang berkaitan
dengan materi yang akan dipelajari
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
yang akan dicapai
b. Kegiatan Inti
(elaborasi)
1. Guru memperdengarkan dialog pendek yang berisi
ungkapan meminta dan memberi jasa.
2. Membahas makna, bentuk dan fungsi masing-masing
ungkapan dan responnya.
3. Berlatih mengucapkan ungkapan-ungkapan tersebut secara
berulang-ulang.
4. Melakukan dialog meminta dan memberi jasa berdasarkan
situasi yang diberikan.
5. Merespon ungkapan meminta dan memberi jasa.
c. Kegiatan Penutup
(konfirmasi)
1. Menanyakan kesulitan siswa tentang
materi yang sudah diajarkan
2. Menyimpulkan materi pembelajaran
Pertemuan II
a. Kegiatan Pendahuluan (eksplorasi)
a. Kegiatan Pendahuluan (eksplorasi)
1.
Tanya jawab berbagai hal tentang kondisi siswa
2.
Memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang akan dipelajari hari ini.
3. Guru Memberikan motivasi dini, agar siswa beersemangat untuk mengikuti pelajaran.
3. Guru Memberikan motivasi dini, agar siswa beersemangat untuk mengikuti pelajaran.
b. Kegiatan Inti
(elaborasi)
1.
Siswa mengungkapkan instruksi
beserta respon dari ungkapan tindak tutur : Meminta
dan Memberi jasa.
2. Siswa mengekspresikan ungkapan tindak tutur : meminta dan memberi jasa secara
dan Memberi jasa.
2. Siswa mengekspresikan ungkapan tindak tutur : meminta dan memberi jasa secara
Lisan /oral secara berpasangan (work
in pair).
c. Kegiatan Penutup (konfirmasi)
1. Siswa meenggunakan instruksi dan responnya dilingkungan kelas.
2. Guru Memberikan kesimpulan berdasarkan topic yang dibicarakan pada hari ini.
1. Siswa meenggunakan instruksi dan responnya dilingkungan kelas.
2. Guru Memberikan kesimpulan berdasarkan topic yang dibicarakan pada hari ini.
5. Sumber dan Media Pembelajaran
· a. sumber : Buku Electronic (EOS 2).
Http://www.erlangga.co.id
b. media : Alat peraga ( media tulis karton ) / terlampir
Http://www.erlangga.co.id
b. media : Alat peraga ( media tulis karton ) / terlampir
I. Tugas Terstruktur
Dialog 1
a. Situation: Sinta doesn’t go to school because she is sick. She is consulting a doctor about her sickness.
b. Kosa kata terkait materi
Dialog 1
a. Situation: Sinta doesn’t go to school because she is sick. She is consulting a doctor about her sickness.
b. Kosa kata terkait materi
Misalnya : modals (can, could, will, would, may)
Personal pronouns : I, you, we, they,
he, she, it.
Ungkapan baku :
here you are, here it is, thanks, sure, certainly, sorry, okay.
Sinta : Good morning, Sir.
Doctor : Good morning. What can I do for you?
Sinta : Yes, doctor. I couldn’t sleep well. Could you examine me?
Doctor :Yes certainly. Okay. Open your mouth! When did you feel that you have a problem with
your sleeping?
Sinta : About two days ago, and then I also had a cough.
Doctor : Okay. Do you feel painful joints?
Sinta : Yes, but it sometimes happens.
Doctor : Err’… you just have a fever. Don’t worry.
Sinta : Thank goodness. Doc. May I go to join a test tomorrow?
Doctor : Why not? You are not seriously ill. Now take a rest and take a lot of nutritious meals and drinks. Don’t forget to drink these medicines after meals.
Sinta : Alright, Then It’s a relief to know that I’m not seriously sick. Thank you.
Doctor : You’re welcome. Get better soon.
II. Tugas Terstruktur
a.
Listen to the expression and give your responses orally
1. Do you mind helping
me to read this story book?
2. Can I help you to
turn on this computer?
3. Can you lend me your
dictionary, please?
4. Can I get some water for
you?
6. Penilaian
a. Teknik :
Teks lisan/performance
b. Bentuk : Terstuktur ( terlampir )
Tidak terstruktur : Melakukan percakapan
Tidak terstruktur : Melakukan percakapan
c. Instrumen : Daftar
pertanyaan.
a . Pedoman Penilaian
a . Pedoman Penilaian
1. Tiap jawaban benar skornya = 25
2. Jumlah skor maksimal = 25
3. Nilai maksimal = 100
4. Nilai siswa =
skor perolehan x 100
skor
maksimal
b. Rubrik Penilaian
respon, tata bahasa benar, skornya = 3
respon, tata bahasa kurang tepat, skornya = 2
respon dan tata bahasa kurang tepat, skornya = 1
Tidak menjawab, skornya = 0
Mengetahui, Pekanbaru, juli 2015
Kepala Sekolah Guru Pamong Guru PPL
MARZUKI M,Ag SAFRIDAH M,Pd LILY HAYATI
NIP.197004161998031007 NIP.197702162005012003 NPM.126311288
Tidak ada komentar:
Posting Komentar