RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
: MTSN
Bukit Raya Pekanbaru
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : VIII/1
Tema : What does it looks like
Tahun Pelajaran :2015/2016
Waktu : 2 x 40’ (2 kali pertemuan)
A. Standar Kompetensi :
Listening : 1. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal
sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : VIII/1
Tema : What does it looks like
Tahun Pelajaran :2015/2016
Waktu : 2 x 40’ (2 kali pertemuan)
A. Standar Kompetensi :
Listening : 1. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal
sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
Speaking
: 3. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan
interpersonal
lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
B. Kompetensi Dasar
Listening : 1.2. Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional ( to get
things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sederhana secara akurat,
lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang
melibatkan tindak tutur :Memuji dan memberi selamat.
Speaking : 3.2. Memahami dan merespon perecakapan transaksional ( to get
things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sederhana secara akurat,
lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang
melibatkan tindak tutur : Memuji dan memberi selamat.
1. Tujuan Pembelajaran (indicator)
Pada akhir pembelajaran siswa mampu :
- Merespon makna dalam tindak tutur : Memuji dan memberi selamat.
- Memahami makna dari tindak tutur :Memuji dan memberi selamat.
- Menggunakan ungkapan tindak tutur : Memuji dan memberi selamat dalam berkomunikasi.
- Menggunakan ungkapan : memuji dan member selamat.
Karakter siswa yang diharapkan :
lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
B. Kompetensi Dasar
Listening : 1.2. Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional ( to get
things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sederhana secara akurat,
lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang
melibatkan tindak tutur :Memuji dan memberi selamat.
Speaking : 3.2. Memahami dan merespon perecakapan transaksional ( to get
things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sederhana secara akurat,
lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang
melibatkan tindak tutur : Memuji dan memberi selamat.
1. Tujuan Pembelajaran (indicator)
Pada akhir pembelajaran siswa mampu :
- Merespon makna dalam tindak tutur : Memuji dan memberi selamat.
- Memahami makna dari tindak tutur :Memuji dan memberi selamat.
- Menggunakan ungkapan tindak tutur : Memuji dan memberi selamat dalam berkomunikasi.
- Menggunakan ungkapan : memuji dan member selamat.
Karakter siswa yang diharapkan :
- Percaya Diri ( confident
)
-
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
-
Tekun ( diligence )
- Jujur ( Honest )
- Jujur ( Honest )
2.
Materi Pembelajaran
a. Ungkapan
–ungkapan : Memuji dan member selamat
What a beautiful dress you wear!
You are great.
Your performance was very good.
Your look so elegant with that dress. I like it very
much.
That new blouse suits on you. You look beautiful.
Those shoes look great on you.
Your suit is excellent.
Your looks different tonight .
Fantastic!
Your work/food/job is superb.
That’s nice. I like it
|
Thank you.
Thank you very much.
Thank you for your compliment.
How kind of you to say so.
I’m glad you like it.
How nice of you
That’s very nice of you
Etc.
|
b. Compliment is an expression that we show or say to express or to give praise. Some people use compliment to “butter up” somebody or to flatter in order to increase good will, for example :
-
On
his/her general appearance
-
If
you notice something new about the person’s appearance
-
When
you visit someone’s house for the first time
-
When
other people do their best
Below are some
expressions of giving compliment and its responses.
Expressions of giving compliments
|
Responses
|
-
What a big house
-
What a beautiful ring
-
What a
beautiful dress you wear!
-
You are
great.
-
Your cook
is so delicious.
-
Your look
so elegant with that dress. I like it very much.
-
That new
blouse suits on you. You look beautiful.
-
Those
shoes look great on you.
-
Your job
is excellent.
-
Your
English is very good.
-
Fantastic!
-
Your
work/food/job is superb.
|
-
Thank
you.
-
Thank you
very much.
-
Thank you
for your compliment.
-
How kind
of you to say so.
-
I’m glad
you like it.
-
How nice
of you
-
Etc.
|
c.Example:
Annisa :
Wow! That’s a beautiful dress, Dinahyu. Is it new?
Dinahyu : Yes, it is. How nice of you to say so.
Annisa : The colour and the model suit on you.
Dinahyu :
Oh, do you really think so? I am really fond of this dress.
Annisa : Did you make it yourself?
Dinahyu :
Certainly no, Anis. My aunt gave it to me as a birthday gift.
Annisa : Did she? What a kind aunty you have!
3. MetodePembelajaran
Pendekatan : Scientific Approach
Metode : diskusi, Tanya jawab, demonstrasi
Metode : diskusi, Tanya jawab, demonstrasi
4. Langkah-Langkah Kegiatan
Pertemuan 1
a. Kegiatan Pendahuluan (eksplorasi)
Pertemuan 1
a. Kegiatan Pendahuluan (eksplorasi)
1. Tanya
jawab berbagai hal tentang kondisi siswa
2. Memberikan motivasi awal pembuka pelajaran
3. Memberikan pertanyaan
yang berkaitan dengan materi yang akan dipelajari
4. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
b. kegiatan inti (elaborasi)
1. Membahas kata-kata sulit dalam ungkapan tindak tutur : memuji.
2. Siswa Mengulang kembali ekspresi memuji.
3. Menemukan kosakata sulit besereta artinta.
4. Merespon ungkapan terkait berdasarkan dialog.
c. Kegiatan Penutup (konfirmasi)
1. Menanyakan kesulitan siswa tentang ungkapan tindak tutur : memuji.
2. Menyimpulkan materi pembelajaran
3. Menugaskan untuk menggunakan ungkapan-ungkapan yang dipelajari dalam situasi yang
sesungguhnya.
4. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
b. kegiatan inti (elaborasi)
1. Membahas kata-kata sulit dalam ungkapan tindak tutur : memuji.
2. Siswa Mengulang kembali ekspresi memuji.
3. Menemukan kosakata sulit besereta artinta.
4. Merespon ungkapan terkait berdasarkan dialog.
c. Kegiatan Penutup (konfirmasi)
1. Menanyakan kesulitan siswa tentang ungkapan tindak tutur : memuji.
2. Menyimpulkan materi pembelajaran
3. Menugaskan untuk menggunakan ungkapan-ungkapan yang dipelajari dalam situasi yang
sesungguhnya.
Pertemuan II
a. Kegiatan Pendahuluan (eksplorasi)
1. Guru menyapa siswa dikelas dan menanyakan tentang absen siswa.
2. Guru mengulang kembali ungkapan tindak tutur : memuji.
3. Siswa mengulang kembali ungkapan yang telah guru sampaikan.
4. Guru dan siswa saling (Tanya –jawab) peerihal materi terkait.
b. Kegiatan inti (elaborasi)
1. Siswa membuat contoh dialog memuji beserta respon, sesuai dengan teman yang diberikan.
2. Siswa membacakan dialog didepan kelas (work in pair)
3. Siswa yang lain dituntut mengetahui ungkapan apa yang terdapat dalam perecakapn singkat
teman sekelasnya tersebut.
c. Kegiatan Penutup (konfirmasi)
1. Guru menanyakan kesulitan siswa dalam ungkapan yang telah dipelajari.
2. Guru memberikan pesan dan kesan padda materi yang disampaikan pada hari ini.
3. Guru menunjuk salah satu siswa untuk menyimpulkan materi uang diajarkan,agar guru mampu
mengukur tingkat kesulitan siswa dalam menerima pelajaran.
a. Kegiatan Pendahuluan (eksplorasi)
1. Guru menyapa siswa dikelas dan menanyakan tentang absen siswa.
2. Guru mengulang kembali ungkapan tindak tutur : memuji.
3. Siswa mengulang kembali ungkapan yang telah guru sampaikan.
4. Guru dan siswa saling (Tanya –jawab) peerihal materi terkait.
b. Kegiatan inti (elaborasi)
1. Siswa membuat contoh dialog memuji beserta respon, sesuai dengan teman yang diberikan.
2. Siswa membacakan dialog didepan kelas (work in pair)
3. Siswa yang lain dituntut mengetahui ungkapan apa yang terdapat dalam perecakapn singkat
teman sekelasnya tersebut.
c. Kegiatan Penutup (konfirmasi)
1. Guru menanyakan kesulitan siswa dalam ungkapan yang telah dipelajari.
2. Guru memberikan pesan dan kesan padda materi yang disampaikan pada hari ini.
3. Guru menunjuk salah satu siswa untuk menyimpulkan materi uang diajarkan,agar guru mampu
mengukur tingkat kesulitan siswa dalam menerima pelajaran.
5. Media dan Sumber Belajar
Media : internet, LembarKerjaSiswa
Media : internet, LembarKerjaSiswa
Sumber : http://english.ohmynews.com/articleview/article_view.asp?at_code=435026
http://hotel-tefl.com/compliments/
http://hotel-tefl.com/compliments/
I.Tugas Terstruktur
What a beautiful blouse!
A. Read the
following dialog.
Nabila : Hi, Sari! How
are things?
Sari : Fine, and you?
Nabila : I’m feeling great
today. How was your weekend at the beach?
Sari : Terrific! We
had a lovely time there. You should go there.
Nabila : Really? Hey,
what a beautiful blouse you are wearing, it matches your skirt.
Sari : Thanks. My
mother gave it to me on my birthday.
B.
Answer the questions
1. What does Nabila say
about Sari’s blouse?
…………………………………………………………
2. What is
Sari’sreaction?
…………………………………………………………
3.
What is the respons of sari’s when Nabila say about her blouse?
…………………………………………………………
4. Who’s give sari’s beautiful blouse?
…………………………………………………………
5. What is nabila feel today?
………………………………………………………….
…………………………………………………………
4. Who’s give sari’s beautiful blouse?
…………………………………………………………
5. What is nabila feel today?
………………………………………………………….
You want to tell your friend, that you liked her
chicken steak she cooked you yesterday.
|
You are a teacher and you want to complimentone of
your students, on his good composition.
|
You are a personal
manager. Give a compliment to one of your staff on his work and that you
want to raise his salary.
|
. You are a father and you are complimenting
your son on his good semester report.
|
You want to tell your friend that you like her/his new haircut.
|
You are a teacher and you want to compliment your students on their
achievement of winning basketball championship
|
You want to tell your friend that his painting/drawing is excellent
|
You want to tell your friend that he/she dance beautifully
|
You want to tell your mother that she look elegant and beautiful on her
new gown/dress.
|
You want to tell your friend, that her/his cake she/he made is very
delicious.
|
II.Tugas Terstruktur
a.Now make a short
conversations in pair based on the situations given by your teach
6. Penilaian
a. Proses danPenilaianHasil-
- Teknik : Unjuk Kerja
- Bentuk : Melakukan percakapan.
- Instrumen :
a. Proses danPenilaianHasil-
- Teknik : Unjuk Kerja
- Bentuk : Melakukan percakapan.
- Instrumen :
a.penilaian :
1. Skor benar x 100 =....
jumlah soal
1. Skor benar x 100 =....
jumlah soal
Tidak ada komentar:
Posting Komentar