RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
: MTSN Bukit Raya
Pekanbaru
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : VIII/1
Tema : Invitation (Birthday party)
Tahun Pelajaran :2015/2016
Waktu : 2 x 40’ (2 kali pertemuan)
A. Standar Kompetensi :
Listening : 1. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal
sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : VIII/1
Tema : Invitation (Birthday party)
Tahun Pelajaran :2015/2016
Waktu : 2 x 40’ (2 kali pertemuan)
A. Standar Kompetensi :
Listening : 1. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal
sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
Speaking
: 3. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan
interpersonal
lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
B. Kompetensi Dasar
Listening : 1.2. Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional ( to get
things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sederhana secara akurat,
lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang
melibatkan tindak tutur : mengundang , menerima dan menolak ajakan.
Speaking : 3.2. Memahami dan merespon perecakapan transaksional ( to get
things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sederhana secara akurat,
lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang
melibatkan tindak tutur : mengundang , menerima dan menolak ajakan.
1. Tujuan Pembelajaran (indicator)
pada akhir pembelajaran siswa mampu :
- Merespon makna mengundang, menerima dan menolak ajakan.
- Memahami makna dari tindak tutur : mengundang, menerima dan menolak ajakan.
Karakter siswa yang diharapkan :
lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
B. Kompetensi Dasar
Listening : 1.2. Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional ( to get
things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sederhana secara akurat,
lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang
melibatkan tindak tutur : mengundang , menerima dan menolak ajakan.
Speaking : 3.2. Memahami dan merespon perecakapan transaksional ( to get
things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sederhana secara akurat,
lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang
melibatkan tindak tutur : mengundang , menerima dan menolak ajakan.
1. Tujuan Pembelajaran (indicator)
pada akhir pembelajaran siswa mampu :
- Merespon makna mengundang, menerima dan menolak ajakan.
- Memahami makna dari tindak tutur : mengundang, menerima dan menolak ajakan.
Karakter siswa yang diharapkan :
- Dapat dipercaya ( trustworthines )
-
Rasa hormat dan
perhatian ( respect )
- Tekun ( diligence )
- Tanggung jawab ( responsibility )
2. Materi Pembelajaran
a. ungkapan mengundang, mengajak seseorang untuk mengerjakan sesuatu :
- I’d like to invite you to my birthday party.
- Would you like to attend the meeting?
- I wonder if you’d like to come to my wedding party.
- Let’s go to ….
- Could you mind to…
- Don’t you mind to…
b. Responds undangan/ajakan.
Menerima undangan/ajakan :
- All right / of course / sure
- I’d love to.
- I’d be happy/glad to accept.
- Yes, I’d be delighted to.
- Yes, that would be nice.
- Why not.
- Come on..
- Okay..
c. menolak undangan/ajakan :
- I’m sorry I can’t
- I’d like to very much, but…….
- I am afraid I can’t
- its good idea but…
- I’d like to, but I can’t
- I’m afraid I’m busy.
- Sorry, I have to see the doctor.
3. Metode Pembelajaran
- I’d like to invite you to my birthday party.
- Would you like to attend the meeting?
- I wonder if you’d like to come to my wedding party.
- Let’s go to ….
- Could you mind to…
- Don’t you mind to…
b. Responds undangan/ajakan.
Menerima undangan/ajakan :
- All right / of course / sure
- I’d love to.
- I’d be happy/glad to accept.
- Yes, I’d be delighted to.
- Yes, that would be nice.
- Why not.
- Come on..
- Okay..
c. menolak undangan/ajakan :
- I’m sorry I can’t
- I’d like to very much, but…….
- I am afraid I can’t
- its good idea but…
- I’d like to, but I can’t
- I’m afraid I’m busy.
- Sorry, I have to see the doctor.
3. Metode Pembelajaran
Three phase
technique
(Pre listening, While listening, and Post listening)
4.
Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan I
a. Kegiatan Pendahuluan (eksplorasi)
a. Kegiatan Pendahuluan (eksplorasi)
1. Tanya jawab
berbagai hal tentang kondisi siswa
2. Memberikan pertanyaan yang berkaitan
dengan materi yang akan dipelajari
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
yang akan dicapai
b.kegiatan
inti (elaborasi)
1. Membahas kosakata sulit yang digunakan dalam teks
2. Mendengarkan kalimat / ungkapan yang dibacakan oleh guru.
3. Menentukan makna dari fungsi kalimat yang didengar
4. Menirukan kalimat-kalimat yang diucapkan guru
5. Mendengarkan percakapan tentang mengundang, menerima dan menolak ajakan
6. Menjawab pertanyaan tentang isi percakapan
7. Merespon ungkpan-ungkapan mengundang, menerima dan menolak ajakan.
c. Kegiatan Penutup (konfirmasi)
1. Menanyakan kesulitan siswa tentang ungkapan tindak tutur : mengundang , menerima dan
menolak ajakan.
2. Menyimpulkan materi pembelajaran
3. Menugaskan untuk menggunakan ungkapan-ungkapan yang dipelajari dalam situasi yang
sesungguhnya.
Pertemuan II
a. kegiatan pendahuluan (eksplorasi)
1. Mereview ulang ungkapan-ungkapan yang telah dipelajari sebelumnya
2. Tanya jawab menggunakan ungkapan-ungkapan yang telah dipelajari sebelumnya.
Kegiatan inti (elaborasi)
1. Membaca percakapan transaksional dan interpersonal yang ada secara berpasangan
2. Mencari / menemukan ungkapan-ungkapan lain yang sejenis.
3. Memperagakan dialog secara berpasangan didepan kelas.
c.Kegiatan penutup (konfirmasi)
1. Membuat dialog secara berpasangan sesuai situasi yang diberikan, menggunakan ungkapan
yang telah dipelajari.
2. Menanyakan kesulitan siswa
3. Menyimpulkan materi
4. Menugaskan siswa melanjutkan pekerjaan yang belum selesai dan menghafal percakapan yang
telah dibuat dirumah
5. Sumber dan Media Pembelajaran.
a. sumber : - https://cafestudi061.wordpress.com/2009/02/01/rencana-pelaksanaan-
pembelajaran-5/
- http://www.caramudahbelajarbahasainggris.net/2014/04/ekspresi-memberi-dan-
merespon-undanganajakan-dalam-bahasa-inggris.html
b. media :
6. Penilaiaan
a. Teknik : Tes lisan/oral
b. Bentuk : Terstruktur
Tidak Terstruktur
c. Instrumen: Pertanyaan lisan
1. Membahas kosakata sulit yang digunakan dalam teks
2. Mendengarkan kalimat / ungkapan yang dibacakan oleh guru.
3. Menentukan makna dari fungsi kalimat yang didengar
4. Menirukan kalimat-kalimat yang diucapkan guru
5. Mendengarkan percakapan tentang mengundang, menerima dan menolak ajakan
6. Menjawab pertanyaan tentang isi percakapan
7. Merespon ungkpan-ungkapan mengundang, menerima dan menolak ajakan.
c. Kegiatan Penutup (konfirmasi)
1. Menanyakan kesulitan siswa tentang ungkapan tindak tutur : mengundang , menerima dan
menolak ajakan.
2. Menyimpulkan materi pembelajaran
3. Menugaskan untuk menggunakan ungkapan-ungkapan yang dipelajari dalam situasi yang
sesungguhnya.
Pertemuan II
a. kegiatan pendahuluan (eksplorasi)
1. Mereview ulang ungkapan-ungkapan yang telah dipelajari sebelumnya
2. Tanya jawab menggunakan ungkapan-ungkapan yang telah dipelajari sebelumnya.
Kegiatan inti (elaborasi)
1. Membaca percakapan transaksional dan interpersonal yang ada secara berpasangan
2. Mencari / menemukan ungkapan-ungkapan lain yang sejenis.
3. Memperagakan dialog secara berpasangan didepan kelas.
c.Kegiatan penutup (konfirmasi)
1. Membuat dialog secara berpasangan sesuai situasi yang diberikan, menggunakan ungkapan
yang telah dipelajari.
2. Menanyakan kesulitan siswa
3. Menyimpulkan materi
4. Menugaskan siswa melanjutkan pekerjaan yang belum selesai dan menghafal percakapan yang
telah dibuat dirumah
5. Sumber dan Media Pembelajaran.
a. sumber : - https://cafestudi061.wordpress.com/2009/02/01/rencana-pelaksanaan-
pembelajaran-5/
- http://www.caramudahbelajarbahasainggris.net/2014/04/ekspresi-memberi-dan-
merespon-undanganajakan-dalam-bahasa-inggris.html
b. media :
6. Penilaiaan
a. Teknik : Tes lisan/oral
b. Bentuk : Terstruktur
Tidak Terstruktur
c. Instrumen: Pertanyaan lisan
I. Tugas Terstruktur
a. merespon pertanyaan berdasarkan situasi berikut ini :
1. I am going to have a birthday party on Sunday afternoon. Can you come?
2. I would like to invite you to my birthday party in my house tomorrow.
3. I would be glad to see you tonight. Can you come?
4. I will come to his party. Do you want to come with me tonight?
5. I would be very pleased if you would come in my birthday party next week.
II. Tugas Terstruktur
a. Dialog 1
A : Do you have any plans for this weekend, Amy?
B:No, Jack. Why?
A:Well. I'd like to invite you to my niece birthday party.
B:When is it held and what time?
A:5 pm this Saturday, can you come?
B:Sure. I'd be glad to come
b. Dialog 2
joni : hai robi, tomorrow it's my birthday.
robi : waw it good.
joni : yes i now, and i will invite you to come in my house.
robi : oh yes, i love it. ok i'm come to your home.
joni : oh yeah thank my friend.
b. Rubrik penilaian
respon, tata bahasa benar, skornya = 3
respon, tata bahasa kurang tepat, skornya = 2
respon dan tata bahasa kurang tepat, skornya = 1
Tidak menjawab, skornya =
0
|
Mengetahui, Pekanbaru, juli 2015
Kepala Sekolah Guru Pamong Guru PPL
H. MARZUKI M,Ag SAFRIDAH M,Pd LILY HAYATI
NIP.197004161998031007 NIP.197702162005012003 NPM.126311288
Tidak ada komentar:
Posting Komentar