RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
: MTSN Bukit Raya
Pekanbaru
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : VIII/1
Tema : Movies
Tahun Pelajaran :2015/2016
Waktu : 2 x 40’ (2 kali pertemuan)
A. Standar Kompetensi :
Listening : 1. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal
sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : VIII/1
Tema : Movies
Tahun Pelajaran :2015/2016
Waktu : 2 x 40’ (2 kali pertemuan)
A. Standar Kompetensi :
Listening : 1. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal
sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
Speaking : 3. Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal
lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
B.Kompetensi Dasar :
Listening :1.1 .Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional
(to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sederhana secara akurat,
lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang
melibatkan tindak tutur: Meminta dan Memberi pendapat.
lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
B.Kompetensi Dasar :
Listening :1.1 .Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional
(to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sederhana secara akurat,
lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang
melibatkan tindak tutur: Meminta dan Memberi pendapat.
Speaking :3.1.Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional (to get things done )
dan interpersonal (bersosialisasi) sederhana dengan menggunakan ragam bahasa
lisan secara akurat,lancar, dan berterima dan untuk berinteraksi dengan
lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur : Meminta dan Memberi
pendapat.
1. Tujuan Pembelajaran (Indikator)
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
- Menggunakan ungkapan Meminta dan Memberi pendapat (Asking and Giving Opinion)
- Merespon ungkapan dan melakukan pengulangan.
- Menggunakan ungkapan instruksi.
- Menggunakan ungkapan meminta dan member pendapat yang sesuai dengan ungkapan yang
telah dipelajari.
Karakter siswa yang diharapkan :
- Dapat dipercaya ( Trustworthiness )
- Rasa hormat dan perhatian ( respect )
- tekun ( diligent )
- jujur ( honest )
dan interpersonal (bersosialisasi) sederhana dengan menggunakan ragam bahasa
lisan secara akurat,lancar, dan berterima dan untuk berinteraksi dengan
lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur : Meminta dan Memberi
pendapat.
1. Tujuan Pembelajaran (Indikator)
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
- Menggunakan ungkapan Meminta dan Memberi pendapat (Asking and Giving Opinion)
- Merespon ungkapan dan melakukan pengulangan.
- Menggunakan ungkapan instruksi.
- Menggunakan ungkapan meminta dan member pendapat yang sesuai dengan ungkapan yang
telah dipelajari.
Karakter siswa yang diharapkan :
- Dapat dipercaya ( Trustworthiness )
- Rasa hormat dan perhatian ( respect )
- tekun ( diligent )
- jujur ( honest )
2.Materi Pembelajaran
a. Meminta Pendapat (Asking Opinion)
Situasi Formal:
- Would you mind to share your idea?
- Would you give any comment?
- Would you give your reaction about this?
- Do you want to share an idea?
- Do you have any recommendation for us?
- Do you have an opinion related to this context?
- What are your views on this problem?
- Share your idea please..
- Give us a suggestion please..
Situasi
Informal:
- What do you think about it?
- What do you think I should do?
- What is your opinion?
- What are you thinking about?
- Why do you think so?
- Why did you do that?
- How’s your life?
- How’s your feeling?
- Is that good?
Situasi Formal:
- I personally believe..
- I personally feel..
- I personally consider..
- I presume that..
- I personally think that you should…
- If I were you, I would..
- Why don’t you do…?
- Maybe, you need to…
- In my own opinion…
- Well, it’s better for you to…
Situasi
Informal
- I don’t think so.
- I think that it’s good for you to…
- I think that..
3. Metode
Pembelajaran
a. Practice
4. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I
a . Kegiatan Pendahuluan untuk pertemuan ( eksplorasi )
1. Guru menyapa siswa dikelas dan menanyakan tentang ketidakhadiran siswa.
2. Guru membuat suasana kelas menjadi lebih kekeluargaan dengan menanyakan atau
menyampaikan kesan dan pesan singkat kepada siswa.
3. Memberikan motivasi , agar siswa mampu belajar dengan hikmat.
4. Memberi petunjuk tentang materi yang akan disampaikan pada hari ini.
5. Guru dan siswa sama-sama membaca ungkapan tindak tutur : meminta dan memberi pendapat.
6. Memberikan dan menjelaskan ungkapan yang sering digunakan dalam tindak tutur : meminta
dan memberikan pendapat (asking and giving opinion)
b.kegiatan inti (elaborasi)
1. Siswa merespon pertanyaan guru dan memberikan pendapat.
2. Siswa mampu mengetahui kosa kata atau ungkapan tindak tutur : meminta dan memberikan
pendapat sesuai dengan dialog yang disediakan.
3. Siswa kemudian membuat percakapan singkat per kelompok,(1 kelompok terdiri dari 5 orang )
dan memberikan pendapat sesuai dengan judul movies yang disediakan.
4. Siswa meminta pendapat kepada kelompok lain tentang movie yang bergendre sama namun
judul yang berbeda.
a. Practice
4. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I
a . Kegiatan Pendahuluan untuk pertemuan ( eksplorasi )
1. Guru menyapa siswa dikelas dan menanyakan tentang ketidakhadiran siswa.
2. Guru membuat suasana kelas menjadi lebih kekeluargaan dengan menanyakan atau
menyampaikan kesan dan pesan singkat kepada siswa.
3. Memberikan motivasi , agar siswa mampu belajar dengan hikmat.
4. Memberi petunjuk tentang materi yang akan disampaikan pada hari ini.
5. Guru dan siswa sama-sama membaca ungkapan tindak tutur : meminta dan memberi pendapat.
6. Memberikan dan menjelaskan ungkapan yang sering digunakan dalam tindak tutur : meminta
dan memberikan pendapat (asking and giving opinion)
b.kegiatan inti (elaborasi)
1. Siswa merespon pertanyaan guru dan memberikan pendapat.
2. Siswa mampu mengetahui kosa kata atau ungkapan tindak tutur : meminta dan memberikan
pendapat sesuai dengan dialog yang disediakan.
3. Siswa kemudian membuat percakapan singkat per kelompok,(1 kelompok terdiri dari 5 orang )
dan memberikan pendapat sesuai dengan judul movies yang disediakan.
4. Siswa meminta pendapat kepada kelompok lain tentang movie yang bergendre sama namun
judul yang berbeda.
c.kegiatan
akhir (konfirmasi)
1. Siswa mampu memberikan pendapat tentang movie yang pernah ia lihat.
2. Siswa diharapkan mampu memberikan pendapatnya tentang movie yang beredar sekarang, baik dalam dunia pendidikan atau hiburan.
3. Siswa mampu merespon ungkapan tindak tutur : meminta dan memberikan pendapat.
Pertemuan II
a. kegiatan pendahuluan (eksplorasi)
1. Guru menyapa siswa dan mengabsen kehadiran siswa dikelas.
2. Guru memberikan motivasi singkat.
3. Guru mengulang kembali ungkapan tindak tutur : meminta dan member pendapat.
b. kegiatan initi (elaborasi)
1. Siswa mengulang kembali ungkapan tindak tutur : meminta dan memberikan pendapat .
2. Guru menanyakan tentang kesulitan siswa dalam ungkapan tindak tutur.
3. Siswa diminta membuat percakapan singkat berdasarkan topk movie yang diberikan oleh guru.
4. Siswa mampu mengungkapkan instruksi dan respon berdasarkan topic yang diberikan.
5. Siswa mampu memahami setiap ungkapan berdasarkan situasi yang diberikan.
1. Siswa mampu memberikan pendapat tentang movie yang pernah ia lihat.
2. Siswa diharapkan mampu memberikan pendapatnya tentang movie yang beredar sekarang, baik dalam dunia pendidikan atau hiburan.
3. Siswa mampu merespon ungkapan tindak tutur : meminta dan memberikan pendapat.
Pertemuan II
a. kegiatan pendahuluan (eksplorasi)
1. Guru menyapa siswa dan mengabsen kehadiran siswa dikelas.
2. Guru memberikan motivasi singkat.
3. Guru mengulang kembali ungkapan tindak tutur : meminta dan member pendapat.
b. kegiatan initi (elaborasi)
1. Siswa mengulang kembali ungkapan tindak tutur : meminta dan memberikan pendapat .
2. Guru menanyakan tentang kesulitan siswa dalam ungkapan tindak tutur.
3. Siswa diminta membuat percakapan singkat berdasarkan topk movie yang diberikan oleh guru.
4. Siswa mampu mengungkapkan instruksi dan respon berdasarkan topic yang diberikan.
5. Siswa mampu memahami setiap ungkapan berdasarkan situasi yang diberikan.
c. kegiatan akhir (konfirmasi)
1. Siswa diharapkan mampu mengungkapkan instruksi tindak tutur : meminta dan memberi
pendapat.
2. Siswa mampu merespon tindak tutur : meminta dan memberi pendapat.
3. Guru menyampaikan pesan dan harapan kedepan untuk siswanya.
5. Sumber dan Media Pembelajaran
a. sumber : https://irsyadbasmar.wordpress.com/2012/11/04/rpp-bahasa-inggris-smk/
b. media :- flash card movies,
- kertas karton (terlampir)
1. Siswa diharapkan mampu mengungkapkan instruksi tindak tutur : meminta dan memberi
pendapat.
2. Siswa mampu merespon tindak tutur : meminta dan memberi pendapat.
3. Guru menyampaikan pesan dan harapan kedepan untuk siswanya.
5. Sumber dan Media Pembelajaran
a. sumber : https://irsyadbasmar.wordpress.com/2012/11/04/rpp-bahasa-inggris-smk/
b. media :- flash card movies,
- kertas karton (terlampir)
I.
Tugas Terstruktur
a. memahami dialog dan mengetahui ungkapan tindak tutur : meminta dan memberi pendapat
- Dialog 1
M: “You know, I think Sinchan is very interesting cartoon movie . Don’t you agree?
N: “Well, I’m not sure. Why do you say that?
M: “The story of the movie is very funny. Don’t you think so?
N: “No, Not really. I disagree. In my opinion, Sinchan is bad cartoon movie”
M: “Oh? What make you say that?”
N: “The story of the movie gives foul message for children. ”
M: “Hmmm. Maybe you are right”
- Dialog 2
S : Hi…
L : Hi…what’s up?
S : Do you watch the spiderman movie last night?
L : Yeah.. of course, and you?
S : Not at all, because I have to do my homework last night.
what do you think about the movie?
L : its really amazing. In my opinion.!!!
S : I don’t think so.
L : Why?
S : because, I think the movie like the last movie that I already watch.
L : may be you are right.
II. Tugas Terstruktur
a. buatlah pendapat anda sesuai film berikut ini :
1. 5 CM
2. Laskar pelangi
6. Penilaian
- Teknik : Unjuk Kerja
- Bentuk : Terstuktur ( terlampir )
Tidak terstruktur : Melakukan percakapan
- Instrumen : melakukan penjelasan singkat terkait instruksi yang diberikan.
a. pedoman penilaian.
1. Setiap soal bernilai 50 point
2. Jumlah soal benar x 100 = …..
4
a. memahami dialog dan mengetahui ungkapan tindak tutur : meminta dan memberi pendapat
- Dialog 1
M: “You know, I think Sinchan is very interesting cartoon movie . Don’t you agree?
N: “Well, I’m not sure. Why do you say that?
M: “The story of the movie is very funny. Don’t you think so?
N: “No, Not really. I disagree. In my opinion, Sinchan is bad cartoon movie”
M: “Oh? What make you say that?”
N: “The story of the movie gives foul message for children. ”
M: “Hmmm. Maybe you are right”
- Dialog 2
S : Hi…
L : Hi…what’s up?
S : Do you watch the spiderman movie last night?
L : Yeah.. of course, and you?
S : Not at all, because I have to do my homework last night.
what do you think about the movie?
L : its really amazing. In my opinion.!!!
S : I don’t think so.
L : Why?
S : because, I think the movie like the last movie that I already watch.
L : may be you are right.
II. Tugas Terstruktur
a. buatlah pendapat anda sesuai film berikut ini :
1. 5 CM
2. Laskar pelangi
6. Penilaian
- Teknik : Unjuk Kerja
- Bentuk : Terstuktur ( terlampir )
Tidak terstruktur : Melakukan percakapan
- Instrumen : melakukan penjelasan singkat terkait instruksi yang diberikan.
a. pedoman penilaian.
1. Setiap soal bernilai 50 point
2. Jumlah soal benar x 100 = …..
4
- respon ,
tata bahasa benar, skornya :
3
- respon, tata bahasa kurang tepat, skornya : 2 - respond an tata bahasa kurang tepat, skornya : 1 - tidak dan tata bahasa kurang tepat , skornya : 0 |
b.
rubric penilaian
Mengetahui, Pekanbaru,
Juli
2015
Kepala Sekolah Guru Pamong Guru PPL
MARZUKI M,Ag SAFRIDAH M,Pd LILY HAYATI
NIP.197004161998031007 NIP.197702162005012003 NPM.126311288
Kepala Sekolah Guru Pamong Guru PPL
MARZUKI M,Ag SAFRIDAH M,Pd LILY HAYATI
NIP.197004161998031007 NIP.197702162005012003 NPM.126311288
Tidak ada komentar:
Posting Komentar