RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
: SMK TARUNA MASMUR PEKANBARU
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : X. TKJ /1
Tema : What date today?
Tahun Pelajaran : 2015/2016
Waktu : 2 x 45’ (2 kali pertemuan)
A. Standar Kompetensi :
Listening : Listening for information.
Speaking : Naming objects, quality of objects and persons, professions, nationality ,and
time of the day.
Reading : Time of the day, telling numbers, responding to question about number.
Writing : Matching numbers and the way they are said.
B. Kompetensi Dasar
Listening : 1.1. Memahami ungkapan-ungkapan dasar pada interaksi sosial untuk
kepentingan kehidupan
Speaking : 1.2. Menyebutkan benda-benda, orang, cirri-ciri waktu, hari, bulan dan tahun
Reading : 1.3. Mendeskripsikan benda-benda , orang, ciri-ciri, waktu, hari, bulan dan tahun
Writing : 1.4. Menghasilkan tuturan sederhana yang cukup untuk fungsi – fungsi dasar
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : X. TKJ /1
Tema : What date today?
Tahun Pelajaran : 2015/2016
Waktu : 2 x 45’ (2 kali pertemuan)
A. Standar Kompetensi :
Listening : Listening for information.
Speaking : Naming objects, quality of objects and persons, professions, nationality ,and
time of the day.
Reading : Time of the day, telling numbers, responding to question about number.
Writing : Matching numbers and the way they are said.
B. Kompetensi Dasar
Listening : 1.1. Memahami ungkapan-ungkapan dasar pada interaksi sosial untuk
kepentingan kehidupan
Speaking : 1.2. Menyebutkan benda-benda, orang, cirri-ciri waktu, hari, bulan dan tahun
Reading : 1.3. Mendeskripsikan benda-benda , orang, ciri-ciri, waktu, hari, bulan dan tahun
Writing : 1.4. Menghasilkan tuturan sederhana yang cukup untuk fungsi – fungsi dasar
I.Tujuan
Pembelajaran ( indicator )
pada akhir pembelajaran siswa diharapkan dapat :
1. Mengidentifikasi nama – nama musim, hari dan waktu.
pada akhir pembelajaran siswa diharapkan dapat :
1. Mengidentifikasi nama – nama musim, hari dan waktu.
2. Mendeskripsikan tanggal, waktu
dan nomor.
3. Mendapatkan informasi penting
dari contoh text.
4. Siswa mampu menulis dan mendeskripsikan perbedaan waktu diberbagai tempat.
5. Mengidentifikasi benda-benda yang dapat dihitung dan tidak dapat dihitung.
Karaktersiswa yang diharapkan :4. Siswa mampu menulis dan mendeskripsikan perbedaan waktu diberbagai tempat.
5. Mengidentifikasi benda-benda yang dapat dihitung dan tidak dapat dihitung.
- Religius ( Religious)
- disiplin ( discipline)
- kerja keras ( work hard )
- kreatif ( creative )
- rasa ingin tahu ( curiosity )
- jujur ( honest )
2. Materi Pembelajaran
a. Basic Time Words (Kata dasar berhubungan dengan waktu)
365 days in a year = 365 hari dalam setahun
12 months in a year = 12 bulan dalam setahun
52 weeks in a year = 52 minggu dalam setahu
7 days in a week = 7 hari dalam seminggu
2 week in a fortnight = 2 minggu pekan dalam 2 minggu
24 hours in a day = 24 jam dalam sehari
60 minutes in an hour = 60 menit dalam satu jam
60 seconds in a minute = 60 detik dalam satu menit
100 years in a century = 100 tahun dalam satu abad
b.The Names of Day, Month, and Season (Nama Hari, Bulan, dan Musim)
Sunday = Minggu
Monday = Senin
Tuesday = Selasa
Wednesday = Rabu
Thursday = Kamis
Friday = Jumat
Saturday = Sabtu
January = Januari
February = Februari
March = Maret
April = April
May = Mei
June = Juni
July = Juli
August = Agustus
September = September
October = Oktober
November = November
December = Desember
c. The name of seasons
Spring = Musim semi
Summer = Musim panas
Autumn = Musim gugur
Winter = Musim dingin
Rainy season = Musim hujan
Dry season = Musim kemarau
d.Time Adverbs (Keterangan waktu)
The weekend = akhir pekan
The day before yesterday = kemarin lusa
Yesterday = kemarin
Today = hari ini
Tomorrow = besok, esok hari
The day after tomorrow = lusa
Now = sekarang
At this moment = saat ini
For two years = selama dua tahun
From 2010 to 2012 = dari tahun 2010 hingga tahun 2012
Last year = tahun lalu
Last week = minggu lalu
Last Saturday = hari Sabtu yang lalu
Next year = tahun depan
Next week = minggu depan
Next Friday = hari Jumat minggu depan
In the past = dahulu (di masa lampau)
In the future = nanti (di masa depan)
In a moment, for a while = untuk sementara waktu
At the moment = pada saat ini
Soon = segera
e. Frequency Adverbs (Keterangan yang menyatakan keseringan)
Always = selalu
Usually = biasanya
Often = sering kali
Sometimes = kadang-kadang
Now and then = kadang-kadang
Occasionally = terkadang, adakalanya
Not often = tidak sering
Hardly ever = sangat jarang, hampir tak pernah
Rarely = jarang sekali
Never = tidak pernah
f. Other Words related to Time (Kata lain yang berhubungan dengan waktu)
After = setelah
Afternoon = sore hari, siang menjelang sore hari
Afterwards = setelahnya
alarm clock = jam alarm
analog clock = jam analog
annual = tahunan, setahun sekali
Ante meridian (AM) = waktu dari pukul 12 malam hingga pukul 12 pagi.
Anytime = kapan saja
Bedtime = waktunya tidur
Before = sebelum
before hand = sebelumnya
belated = terlambat
bell = lonceng
biennial = setiap 2 tahun
bicentennial = setiap 200 tahun
calendar = kalender
calendar year = kalender tahun
century = abad
chronological = kronologis
chronology = kronologi
chronometer = kronometer
clock = jam
cuckoo clock = jam dengan mainan burung di dalamnya
day = hari, siang hari
daylight = siang hari
daylight savings time = waktu penghematan siang hari
daytime = siang hari
decade = dekade, dasawarsa, masa sepuluh tahun
delay = penundaan
digital clock = jam digital
early = awal
eon = beribu-ribu tahun lamanya
epoch = jangka waktu, masa, zaman
era = era, zaman, masa
evening = waktu malam hari
everyday = setiap hari
fortnight = dua minggu
future = masa depan, masa yang akan datang
galactic year = tahun galaksi
geologic time = waktu geologis
high noon = tengah hari
hour = satuan waktu (jam)
hourglass = jam pasir
hour hand = jarum jam
jiffy = cepat sekali, sekejap mata
late = terlambat
later = nanti, kemudian
lunar month = kalender bulan
midnight = tengah malam
millennium = masa seribu tahun
millisecond = milisekon
minute = menit
minute hand = jarum menit
moment = momen
nighttime = waktu malam
o’clock = tepat pukul…
on time = tepat waktu
overtime = lembur
past = lampau
pendulum clock = jam pendulum
per annum = tiap tahun
per diem = per hari
period = periode
pocket watch = jam kantung
post meridian (PM) = waktu lewat pukul 12 pagi hingga 12 malam
premature = terlalu dini, sebelum waktunya
punctual = tepat waktu
schedule = jadwal
second = detik
semester = semester
shift = pergantian waktu
someday = suatu hari nanti
stopwatch = alat penghitung detik
sundial = jam matahari
sunrise = matahari terbit
sunset = matahari terbenam
tardy = terlambat
tempo = tempo, kecepatan
then = lalu, kemudian
timer = alat pengatur waktu
timetable = jadwal/ daftar waktu
time zone = zona waktu
tonight = malam ini
today = hari ini
trimester = 3 semester
twilight = senjakala
wristwatch = jam tangan
yesteryear = tahun lalu
3. Metode Pembelajaran
- discussion
- practice
- discussion
- practice
4. Langkah –langkah Kegiatan :
Pertemuan 1
a. Kegiatan Pendahuluan ( eksplorasi )
1. Guru menanyakan tentang keadaan kelas pada hari ini, dan menanyakan ketidakhadiran siswa.
2. Guru memberikan kisi-kisi tentang materi yang akan disampaikan pada hari ini.
3. Guru menjelaskan pentingnya materi yang akan disampaikan pada hari ini sesuai kebutuhan.
b. Kegiatan Inti ( elaborasi )
1. Siswa mendeskripsikan tentang musim dan menjelaskan secara singkat tentang hal yang ia
ketahui berdasarkan pengetahuannya.
2. Siswa mendeskripsikan berbagai macam contoh yang nyata tentang musim yang ada di
Indonesia.
3. Siswa mengulang kembali vocabulary yang disampaikan oleh guru.
c. Kegiatan Penutup ( konfirmasi )
1. Guru mendeskripsikan tentang materi yang disampaikan pada hari ini.
2. Guru memberikan pertanyaan tentang kesulitan siswa pada materi yang disampaikan.
3. Guru memberikan contoh yang relevan terhadap materi yang disampaikan.
4. Guru menyimpulkan hasil materi pada hari ini.
Pertemuan II
a. Kegiatan pendahuluan ( eksplorasi )
1. Guru menanyakan tentang keadaan kelas.
2. Guru menyampaikan materi yang telah dipelajari sebelumnya dan menyuruh siswa meberikan
contohnya masing-masing.
3. Guru melanjutkan kemateri yang akan dibahas pada hari ini.
b. Kegiatan Inti ( elaborasi )
1. Siswa mendiskusikan dengan teman sebangku tentang materi date, time and number .
2. Siswa mengulang kosa kata yang disampaikan oleh guru.
3. Siswa membuat latihan sesuai perintah guru.
c. kegiatan penutup ( konfirmasi )
1. Siswa mampu mengungkapkan date, seasons, and number dengan benar dan sesuai kebutuhan.
2. Guru memberikan kesimpulan.
Pertemuan 1
a. Kegiatan Pendahuluan ( eksplorasi )
1. Guru menanyakan tentang keadaan kelas pada hari ini, dan menanyakan ketidakhadiran siswa.
2. Guru memberikan kisi-kisi tentang materi yang akan disampaikan pada hari ini.
3. Guru menjelaskan pentingnya materi yang akan disampaikan pada hari ini sesuai kebutuhan.
b. Kegiatan Inti ( elaborasi )
1. Siswa mendeskripsikan tentang musim dan menjelaskan secara singkat tentang hal yang ia
ketahui berdasarkan pengetahuannya.
2. Siswa mendeskripsikan berbagai macam contoh yang nyata tentang musim yang ada di
Indonesia.
3. Siswa mengulang kembali vocabulary yang disampaikan oleh guru.
c. Kegiatan Penutup ( konfirmasi )
1. Guru mendeskripsikan tentang materi yang disampaikan pada hari ini.
2. Guru memberikan pertanyaan tentang kesulitan siswa pada materi yang disampaikan.
3. Guru memberikan contoh yang relevan terhadap materi yang disampaikan.
4. Guru menyimpulkan hasil materi pada hari ini.
Pertemuan II
a. Kegiatan pendahuluan ( eksplorasi )
1. Guru menanyakan tentang keadaan kelas.
2. Guru menyampaikan materi yang telah dipelajari sebelumnya dan menyuruh siswa meberikan
contohnya masing-masing.
3. Guru melanjutkan kemateri yang akan dibahas pada hari ini.
b. Kegiatan Inti ( elaborasi )
1. Siswa mendiskusikan dengan teman sebangku tentang materi date, time and number .
2. Siswa mengulang kosa kata yang disampaikan oleh guru.
3. Siswa membuat latihan sesuai perintah guru.
c. kegiatan penutup ( konfirmasi )
1. Siswa mampu mengungkapkan date, seasons, and number dengan benar dan sesuai kebutuhan.
2. Guru memberikan kesimpulan.
I. Tugas Terstruktur
Task 8 . Answer the question below :
1. What time is it?
2. What time do you usually get up?
3. What time do you usually go to school?
4. What time do you usually have lunch?
5. What time do you usually get back home?
II. Tugas Terstruktur
1. Study about cardinal numbers and ordinal numbers.
Task 8 . Answer the question below :
1. What time is it?
2. What time do you usually get up?
3. What time do you usually go to school?
4. What time do you usually have lunch?
5. What time do you usually get back home?
II. Tugas Terstruktur
1. Study about cardinal numbers and ordinal numbers.
2. study this explanation of how to
pronounce these numbers.
a. Fractions :
-1/2 : a second:a half
-1/3 : a third
-1/4 : a fourth
-2/3 : two-third
-4/5 : four-fifth
-5/11 : five-eleventh
-2/8 : two-eight
-3 1/5 : three and a fifth
-4 7/8 : four and seven-eighth
- 2 1/9 : two and a ninth
b. Decimal
-0,5 : zero point five
-2,5 : two point five
-14,59 : fourteen point five nine
-100,8 : one hundred point eight
-1,000.35 : one thousand point three five.
c. Phone Numbers
0812218796 : zero-eight-one-two-two-one-eight-seven-nine-six
022786904 : zer0-two-two-seven-eight-six-nine-zero-four
a. Fractions :
-1/2 : a second:a half
-1/3 : a third
-1/4 : a fourth
-2/3 : two-third
-4/5 : four-fifth
-5/11 : five-eleventh
-2/8 : two-eight
-3 1/5 : three and a fifth
-4 7/8 : four and seven-eighth
- 2 1/9 : two and a ninth
b. Decimal
-0,5 : zero point five
-2,5 : two point five
-14,59 : fourteen point five nine
-100,8 : one hundred point eight
-1,000.35 : one thousand point three five.
c. Phone Numbers
0812218796 : zero-eight-one-two-two-one-eight-seven-nine-six
022786904 : zer0-two-two-seven-eight-six-nine-zero-four
5. Sumber dan media pembelajaran
a. sumber : http://english_forjuniorhighschool.url.
b. media : flash card (terlampir)
a. sumber : http://english_forjuniorhighschool.url.
b. media : flash card (terlampir)
6.Penilaian
a. rubrik penilaian untuk oral :
Proficiency
Description
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|
Accent
|
0
|
1
|
2
|
2
|
3
|
4
|
|
Grammar
|
6
|
12
|
18
|
24
|
30
|
36
|
|
Vocabulary
|
4
|
8
|
12
|
16
|
20
|
24
|
|
Fluency
|
2
|
4
|
6
|
8
|
10
|
12
|
|
Comprehension
|
4
|
8
|
12
|
15
|
19
|
23
|
|
Total
Score
|
Note:
Conversion Table
Total
Score
|
FSI
Level
|
16
– 25
26
– 32
33
– 42
43
– 52
53
– 63
63
– 72
73
– 82
83
– 92
93
– 99
|
0
+
1
1
+
2
2
+
3
3
+
4
4
+
|
LILY
HAYATI RAHMAD
S.MUDA S.Pd
(NPM : 126311288 )
(NPM : 126311288 )
Kepala SMK
Masmur Pekanbaru
Drs.
H.M. HUSNI THAMRIN MA,M.Si
Tidak ada komentar:
Posting Komentar