Kamis, 03 Desember 2015

( RPP 4 ) SMK Kelas X. TKJ Semester Ganjil



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                         :  SMK Taruna Masmur  Pekanbaru
Mata Pelajaran              : Bahasa Inggris
Kelas    / Semester        : X. TKJ /1
Tema                              : Barang-barang di dalam kelas ( Things Nearby )
Tahun Pelajaran             :2015/2016
Waktu                           : 2 x 45’ (2 kali pertemuan)

A.Standar Kompetensi :
Listening   :     Memahami   makna  dalam percakapan  sederhana untuk berinteraksi dengan
                         lingkungan sekitar.
 Speaking  :     Mengungkapkan makna dalam percakapan secara lisan sederhana untuk
                        berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

B.Kompetensi Dasar 
Listening   :1.1  Memahami   makna  dalam percakapan untuk berinteraksi dengan lingkungan
                           sekitar yang melibatkan tindak tutur : Meminta, Memberi dan Menolak barang.

Speaking : 1.5.   Merespon makna yang terdapat dalam percakapan.

1. Tujuan Pembelajaran (Indikator)
Pada akhir pembeajaran siswa diharapkan :
- Merespon instruksi
- Merespon ugkapan dan melakukan pengulangan.
- Memberi instruksi.
- Menggunakan ungkapan meminta pengulangan .

Karakter siswa yang diharapkan :
- religius ( religious )
- disiplin ( discipline )
- kerja keras ( work hard )
- kreatif ( creative )
- rasa ingin tahu ( curiosity )
- cinta damai ( peace of love )
- jujur ( honest )







2. Materi Pembelajaran
1.Expressions for Asking, Giving, and Rejecting Items
Asking items for someone
Giving items for someone
Rejecting items from someone.
Ø  Can I have….?
Ø  Can you give me….?
Ø  May I have…?

Ø  Here you are.
Ø  This is for you.
Ø  I’d like to give you.
Ø  Please accept………
Ø  No, thank you.
Ø  Not for me, thanks.
Ø  Not this time, thanks.


2.    Spelling and punctuation dengan latihannya.
3.    Dialog dan latihannya

3
. Metoda Pembelajaran
a.    Learning question
b.    Modelling
c.    Practice


4. Langkah-langkah kegiatan
    Pertemuan I

a. kegiatan awal (eksplorasi)
1.  Guru mengabsen siswa dan menanyakan kegiatan sebelumnya.
2. Guru memberikan materi Meminta dan Memberi barang dan memberikan contoh cara
    pengucapan yang baik kepada siswa.

b.Kegiatan inti (elaborasi)
1. Siswa diminta untuk membuat tabel barang yang mereka butuhkan setiap siswa minimal 5
    jenis barang yang mereka butuhkan untuk belajar bahasa inggris secara berpasangan (work in
    pair). Contohnya; Dictionary, Pencil, dll
2.Kemudian guru memberikan aba-aba kepada siswa untuk mendapatkan barang-barang yang
   mereka butuhkan dengan meminta atau meminjam kepada teman sebangku.
3.Siswa yang mendapatkan barang sesuai dengan perintah guru yang telah ditentukan mendapat
   nilai atau point.
4.siswa membuat dialog sesuai dengan barang yang ia butuhkan dengan cara meminta barang
   tersebut ( dengan menggunakan ungkapan yang sudah dipelajari sebelumnya ).
5.siswa diminta mampu mengungkapkan makna dan respon dari tidak tutur yang diajarkan :
   meminta, memberi dan menolak barang.




c.  kegiatan akhir (konfirmasi)
1. Siswa menyimpulkan pelajaran pada pertemuan hari ini.
2. Siswa  menggunakan tindak tutur meminta, memberi dan menolak barang dalam
   berkomunikasi dilingkungan sekitar.

Pertemuan II
a. kegiatan awal (eksplorasi)
1. Guru menyapa siswa dan menayakan tentang keadaan siswa pada hari itu.
2. Siswa diharapkan mengingat kembali instruksi dan respon yang berkaitan dengan tindak tutur
   : memberi, menerima dan menolak barang.
3. Guru mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan materi tindak tutur yang diajarkan.

b.Kegiatan inti (elaborasi)
1. Guru memberikan instruksi kepada siswa untuk membuat dialog singkat berdasarkan situasi
    yang disediakan.
2. Siswa membuat  dialog beserta respon yang sesuai dengan situasi.
3. Siswa mampu memahami dan mengungkapkan kembali instruksi serta respon yang telah
    dipelajari.

c.  kegiatan akhir (konfirmasi)
1.  Siswa diharapkan mampu menggunakan instruksi memberi,menerima dan menolak barang.
2. Guru mengulang kembali materi yang telah diajarkan, seperti tindak tutur : Memberi,
    Menerima dan Menolak barang.


5.Sumber dan Media Pembelajaran

a. sumber : Buku Electronic (EOS 2).
                  Http://www.erlangga.co.id
b. media   : using infokus.

I. Tugas Terstruktur
- Siswa membuat dialog sederhana dan mengungkap kan secara lisan/ oral. Berdasarkan barang –
  barang yang mereka peroleh dari guru.
- siswa mampu mengucapkan respon yang terkait dengan  tindak tutur ; meminta, member dan
  menolak barang didalam kelas sesuai dengan perintah guru.




6. Penilaian
 - Teknik          : Unjuk Kerja
 - Bentuk          : Melakukan percakapan.
 - Instrumen      : Melengkapi dialog.

a.penilaian
1. Skor benar x 100  =....
      jumlah soal


b. Rubrik penilaian
respon, tata bahasa benar, skornya                               = 3
respon, tata bahasa kurang tepat, skornya                     = 2
respon dan tata bahasa kurang tepat, skornya    = 1
Tidak menjawab, skornya                                             = 0


Mengetahui,                                                                                          Pekanbaru,   juli 2015

Guru PPL                                                                                             Guru Pamong                                      

LILY HAYATI                                                                                    RAHMAD S. MUDA S.Pd
(NPM :126311288)

      Kepala SMK Taruna Masmur


                                                Drs.H.M. HUSNI THAMRIN MA,M.Si

Tidak ada komentar:

Posting Komentar